TANGGAPAN SISWA TERHADAP STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE CROSSWORD PUZZLE HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELARAN IPS KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Keywords:
Strategi active learning typecrossword puzzle, motivation, social science, communications technology developingAbstract
This research intent to know student comment reality to active learning's strategy type crossword puzzle, students learned motivation and relationship among student comment to active learning's strategy type crossword puzzle . Method that is utilized in this research is descriptive method. Its data collecting tech utilizes questionnaire, observation and interview with respondent as much 31 students. analisis's result data points out that student comment reality to active learning's strategy type crossword puzzle including very tall category. It bases acquired average value 4,31 one lie on interval 4,20 – 5,00. Meanwhile motivation reality studies student on social science subject comprises very tall category too. Base acquired average value 4,57 one lie on interval 4,20 – 5,00. There is relationship even among variable x to variable y. which comes under adequately with gotten by correlation coefficient price as big as 0,53 one lie on interval 0,40 - 0,59. Hereafter usufructs hypothesis quiz gotten by price t computing (3,15) > t table (1,699). Zero hypothesis thus (Ho) refused and alternative hypothesis (Ha) accepted, There is rate even variable influence x to variable y. as big as 15%. So still available 85% again factor ektern and intern any other that gets to regard student studying motivation on social science subject .
Keyword: Strategi active learning typecrossword puzzle, motivation, social science, communications technology developing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap strategi active learning tipe crossword puzzle, motivasi belajar siswa dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi active learning tipe crossword puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan wawancara dengan responden sebanyak 31 orang siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realitas tanggapan siswa terhadap strategi active learning tipe crossword puzzle termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata diperoleh 4,31 yang berada pada interval 4,20 – 5,00.Sedangkan realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosialtermasuk kategori sangat tinggi pula. Berdasarkan nilai rata-rata diperoleh 4,57 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. Adapun hubungan antara variabel X terhadap variabel Y yang tergolong cukup dengan diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,53 yang berada pada interval 0,40-0,59. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung (3,15) > ttabel (1,699). Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 15%. Jadi masih terdapat 85% lagi faktor ektern dan intern lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Kata kunci : Strategi active learning tipe crossword puzzle, motivasi, ilmu pengetahuan sosial, perkembangan teknologi komunikasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar