PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Fitra Nugraha universitas negeri jakarta
Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar, Bagian-bagian tumbuhan

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model role playing pada materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Dalam hal ini peneliti melakukan pendalaman pembelajaran IPA materi pada bagian-bagian tumbuhan dengan menerapkan model role playing, dimana siswa akan bermain peran sebagai tumbuhan atau salah satu bagian dari tumbuhan tersebut. Metode yang digunakan peneliti  adalah Penelitian  Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan dua siklus menggunakan tindakan yang berbeda. Setelah dilakukan dua kali tindakan pada pembelajaran, hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran akan meningkat dilihat dari rata-rata hasil tes mulai dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai keseluruhan 47,6, dan pada siklus II 76,8. Dari data yang diperoleh tersebut dapat dilihat bahawa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian model yang digunakan peneliti dalam pembelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan sangat sesuai guna meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi.

Kata Kunci : Role playing, Hasil belajar, Bagian-bagian tumbuhan

Referensi

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Guru Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Barlia, (2009). Teori Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar . Subang : Royyan Press.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2014). Metode Guru Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2014). Metodologi Guru Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2019-05-31