PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA KUALITAS PENDIDIKAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • Putri Karisa Universitas Padjajaran
Kata Kunci: Disabilitas, komunikasi terapeutik, dan keberhasilan belajar

Abstrak

Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak hanya mengerti secara teoritis, untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif dibutuhkan pula sumber daya manusia (SDM) yang dituntut untuk praktis dalam penggunaan teknologi dan keahlian khusus, termasuk bagi para penyandang disabilitas. Menurut data statistik yang dilansir oleh Biro Pusat Statistik bahwa terdapat kurang lebih 1.500.000 anak berkebutuhan khusus atau 0,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat 317.016 anak berkebutuhan khusus yang berada dalam usia sekolah, sedangkan yang telah memperoleh layanan pendidikan kurang lebih 60.000 anak. Sebagai tenaga pengajar, guru memberikan pengaruh signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa salah satunya penerapan komunikasi. Melalui metode penelitian kualititatif, artikel ini akan membuktikan penerapan komunikasi terapeutik pada siswa disabilitas dapat berpengaruh terhadap keberhasilan belajarnya.

Kata Kunci : Disabilitas, komunikasi terapeutik, dan keberhasilan belajar.

Referensi

Badan Pusat Statistik (BPS) (2018). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun Ke Atas Menurut Partisipasi Sekolah tahun 2018.

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Peraturan Pemerintah Indonesia. NOMOR 72 TAHUN 1991 Tentang Pendidikan Luar Biasa.

Kartari, D. (1979). Disability Study. A preliminary report. National Institute of Health and Development. Departemen Kesehatan RI.

Kartari, D. (1991). A Study on Disability in Indonesia. Cermin Dunia Kedokteran, 51-56.

Markus, S. (2005). Indonesia Country Report. UN-ESCAP Workshop on Regional Follow-up to the Fifth Session and Preparation Session of the Ad Hoc Committee on an International Convention on the Protection and Promotion of the Rights and Dignity of Persons with Disabilities. Bangkok.

Organization, I. L. (2015). International Labour Organization.

SC Hopf, S. M. (2015). Services for people with communication disability in Fiji: barriers and drivers of change. Rural and Remote Health, 15: 2863.

Stuard, G. d. (1998). Principle and Practice of Psychiatric Nursing. Edisi ke enam. St. Louis: Mosby.

Diterbitkan
2019-12-27