PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK

  • Maria Christina Sri Sunarsih Sekolah Dasar Negeri Dukuh Menanggal I Surabaya
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Kooperatif model Number Head Together.

Abstrak

Abstrak : Tujuan  penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik tema makanan sehat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan  dalam dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II.Teknik  pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan  menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berlangsung dengan baik yang ditunjukkan oleh nilai pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 77,50 dan pada siklus II mendapatkan nilai 80,66. Penerapan model pemebelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Ketuntasan klasikal pada siklus I memperoleh 77,50% dan siklus II sebesar 80,66%. Berdasarkan hasil penelitian denga metode kooperatif model NHT dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kelas V-b SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya tahun pelajaran 2019-2020, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik.

Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Kooperatif model Number Head Together.

Referensi

Iru, La, dkk. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Rintiq Ilmu Press.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu dam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Taniredja, Tukiran, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Slavin, Robert E., (2005). Cooperatif Learning: Theory, Recearch, and Practice. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. (1991). Penilaian Hasi Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Diterbitkan
2019-12-27