ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL IPA BERORIENTASI HOTS

  • Neneng Eliana SDN 16 Panjak Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Soal IPA, HOTS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Panjak Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat dalam menyelesaikan soal-soal IPA berorientasi HOTS. Subjek penelitian yang berjumlah 20 orang merupakan siswa yang berada pada kategori memiliki kemampuan berpikir kritis berdasarkan hasil best practice yang telah dilakukan oleh guru. Penelitian dilaksanakan pada awal semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dari skor maksimal 5 dan persentase 33,33% pada tiap-tiap tingkatan berpikir, perolehan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada tingkatan berpikir C-4 (menganalisis) mencapai 4,4 dengan persentase sebesar 29,33% serta skor 3,2 dengan persentase sebesar 21,33% pada tingkatan berpikir C-5 (mengevaluasi) dan C-6 (mengkreasi), sehingga diperoleh total skor rata-rata sebesar 10,8 dengan persentase rata-rata sebesar 72%, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Panjak Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat dalam menyelesaikan soal-soal IPA berorientasi HOTS berada pada kategori tinggi.

Referensi

Bahr, N. 2010. Thinking Critically About Critical Thinking in Higher Education. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. Vol 4, No. 2, 1-16. Diakses dari https://digitalcommons.georgiasouthern.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1229&context=ij-sotl

Devi, P.K. (2011). Pengembangan Soal "Higher Order Thinking Skill" dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs. Diakses dari https://www.academia.edu/8337926/Pengembangan_Soal_HOTS IPA_Pengembangan_Soal_Higher_Order_Thinking_Skill_Dalam_Pembelajaran_IPA_SMP_MTs

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. (2019). Buku Pengangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher order Thinking Skills.

Hasyim, M., & Andreina, FK. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 5 No. 1 (2019). Diakses dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/2736

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Developing Mathematical reasoning in Grades K-12, 138-145.

Murti, Bhisma. (2009). Berpikir Kritis (Critical Thinking). Seri Kuliah Budaya Ilmiah.Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Diakses dari http://researchengenis.com

OECD. (2015). “Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015”. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Qoni’ah, L. (2017). Analisis Soal Ujian Nasional Matematika Tingkat SMP/Mts Tahun 2013-2015 Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skill (Hots). Skripsi, Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/50208/15/Halaman%20Depan.pdf

Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Subiantoro, A W., & Fatkurohman, B. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendididkan Matematika dan Sains Edisi II Tahun XIV. 111-114. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12438/8849

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Raya.

Wicasari, B., & Ernaningsih, Z. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada HOTS. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy, tanggal 24 November 2016. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press. Diakses dari

https://repository.widyamataram.ac.id

Widana, I. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen pendidikan Dasar dan Menengah.

Diterbitkan
2020-12-30