URGENSI ANALISIS CONTEN DALAM PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIV

  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Kata Kunci: Urgensi, Analisis conten,Perencanaan, Pembelajaran

Abstrak

Abstrak :Tujuan dalam artikel ini mendeskripsikan urgensi analisis conten dalam Proses Perencanaan Pembelajaran inovatif ? guru cenderung merencanakan pembelajaran tanpa melalui proses analisis yang baik dan benar dengan memperhatikan kaidah dan prinsip perencanaan pembelajaran, Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik studi literasi serta FGD (Focus Group Discussion. Analisis literasi dilakukan terhadap teori model Disain perencanaan pembelajaran Dick & Carey dan Kamp.teknik analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Bagan analisis conten/isi materi merupakan salah satu tahapan model analisis GCT yang dikembangkan. Hasil analisis isi dijadikan dasar pengembangan  bahan ajar, Lembar Kegiatan PesertaaDidik (LKPD), dan kebutuhan sumber dan media pembelajaran. Analisis conten dapat memberikan informasi penting dan utuh terhadap materi pembelajaran sebagai penunjang proses perencanaan dan pengembangan perangkatpembelajaran

Referensi

Borg W.R & Gall. M.D. 1989. Educational Research: Introduction. Fifth Edition. NewYork: Longman.

Gagne, Robert M., Leslie J. Briggs & Walter W. Wager. (1992). Principles of Instructional Design (4th Ed). Fort Worth: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 22 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Lou Carey, Walter Dick. 2015. The Systematic Design Of Instruction. New York: Pearson.

Marisda, Dewi Hikmah. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar

Morrison, G.R., Ross, S.M., Kalman, H.K., kemp, J.E. Kemp. 2011. Designing

Effective Instruction, Sixth Edition. New York: John Wiley & Sons, INC.

Nur.A, S. (2016). Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Reigeluth, Charles M. (1983). Instructional Design: Theories and Models. NewYork: Lawrence Erlbaum Associates, Publ.

Reiser, Robert A. & John Dempsey, eds. (2002). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Upper Saddle River, NJ: Merrill- Prentice Hall.

Smith, P. L., & Ragan, T. J. (1999). Instructional Design. New York MacMillan Publishing Company.

Diterbitkan
2021-02-12