MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN MELALUI METODE DEMONSTRASI

  • Eros Rosmawati SDN Tanjungsari, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang

Abstrak

Latar belakang dilaksanakanya penelitian tindakan kelas ini adalah kegagalan siswa dalam mencapai KKM yang telah ditetapkan dalam operasi penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Tanjungsari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanjungsari UPTD PAUD, PNFI, TK DAN SD Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang dengan jumlah siswa 24 orang.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui studi dokumentasi terhadap hasil belajar siswa dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam operasi penjumlahan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat  dari kondisi awal sebelum tindakan, nilai rat-rata hasil belajar siswa sebesar 56,25%, setelah dilakukan tindakan siklus I terjadi pengingkatan nilai rat-rata hasil belajar siswa menjadi 62,91%. Begitu juga setelah dilakukan tindakan siklus II terjadi lagi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 73,75%.

Referensi

Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 178–188.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bruner, J. (2004). A short history of psychological theories of learning. Daedalus, 133(1), 13–20.

Fleishman, L., & Anderson, P. W. (1980). Interactions and the Anderson transition. Physical Review B, 21(6), 2366.

Kemmis, S., & Taggart, R. (1988). The Action Planner (Geelong, Deakin University Press).

Kemp, J. E., & Cochern, G. W. (1994). Planning for effective technical training: A guide for instructors and trainers. Educational Technology.

Kusniati, T. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DENGAN KARTU BILANGAN SISWA KELAS VI SDN 3 MANGLIAWAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52–64.

Ma’rifatun, D. (2014). Pengaruh model pembelajaran predict observe explaint (POE) menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI SMA al islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.

Mufidah, I. (2017). Profil Number Sense Siswa SD pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif Object Imagery, Spatial Imagery dan Verbal. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 208–214.

Nuraini, N. L. S., Suhartono, S., & Yuniawatika, Y. (2017). Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168–175.

Percival, F., & Ellington, H. (1984). Effective Teaching Methods. Engelwood Cliffs, New Jersey: Merril, an Imprint of Prentice Hall.

Reigeluth, C. M. (1983). Instructional design: What is it and why is it. Instructional-Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status, 1, 3–36.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Metoda Penelitian. Bandung: Tarsito.

Surakhmad, W. (2009). Pendidikan nasional, strategi, dan tragedi. Penerbit Buku Kompas.

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan
2021-05-07