MANAJEMEN KURIKULUM PADA PENDIDIKAN SMP SATU ATAP DI KABUPATEN MURUNG RAYA

  • Aprianto Aprianto Universitas Palangka Raya
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bakalan pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar IPA pada muatan pembelajaran IPA di kelas VI A SDN Bakalan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini untuk kemampuan berpikir kreatif siswa terdapat peningkatan mulai dari tahap pra siklus hingga siklus 2 yang mulanya rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 26% menjadi 78%. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dalam satu kelas naik 52%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, berdasarkan data awal pra siklus sampai pada siklus 2. Rata-rata ketuntasan hasil belajar belajar siswa pada tahap pra siklus yaitu 13% menjadi 73% pada siklus 2. Rata-rata ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas VI A naik 60 %.

Referensi

Ary et al., Introduction to Research in Education. New York: Holt, Reinhart and Winston. 1985.

Anselm Straus dan Juliet Corbin, Basic of Quality Research, Grounded Theory and Techniques. Newbury Park: Sage Publication, 1990.

Bafadal, Ibrahim, Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.

Bogdan dan Biklen. Qualitative Research For An Introduction The Teory and Method. London. 1992.

Creswell. J. W. Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Second Edition. Pearson Merrill Prentice Hall. New Jersey. 2005.

Daryanto, M. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Maha Satya, 2001.

Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang- Undang RI. No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas. 2003.

Edginton, C.R., dan William, J.G., Productive Management of Leisure Service Organizations; a Behavioral Approach. New York: Macmillan PublishingHouse, 1985.

Fachrudin, Soekarto Indra dan Soetopo, Hidayat. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Usaha Nasional, Surabaya, 1986.

Greenfield, W. D. Instructional Leadership: Concepts, Issues, and Controversies. Allyn & Bacon. 1987.

Gunawan, Ary. Administrasi Sekolah; Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara. 2001.

James A. Beane, et.al. Curriculum Planing dan Development. Boston: Allyn and Bacon

Inc.1986.

K. Yin, Robert. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta. PT. Raja GrafindoPersada. 2002.

Komariah, A., dan Triatna, C., Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif . Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Kontz, O’Donnell, & Weihrich. Management. 7thedn. Mc-Graw-Hill, Kogahusha. 1980.

Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo. Perilaku Organisasi, Edisi Pertama, Alih Bahasa Erly Suandy (Jakarta: Salemba Empat, 2003)

Lincoln, Yvona S., & Egon G. Guba. Naturalistic Inquiry, Beverly Hills: Sage Publications.1985.

Leslie, R & Byars, L. Management: Skills and Application, 11thedn. Mc Graw- Hill

Companies Inc., New York, USA. 2005.

Manasse, A. L. Improving Conditions for Principal Effectiveness: Policy Implications of Research. Elementary School Journal. 1985.

Martin, W. J., & Millower, D. J. The Managerial Behavior of High School Principals. Educational Administration Quarterly. 1981.

Miles, Matthew B. and Huberman, A. Michael. Analisa Data Kualitatif. Jakarta : UI Press. 1992.

Minarti, Sri. Manajemen Sekolah.Yogjakarta: Ar- Ruzz Media.2011

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung:F

Rosda. 2004.

----------------.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. 2008.

Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Inti Idayus Press. 1993.

Ornstein, Allan C & Francis P.Hunkins.Curriculum:Foundations, Principles, and Issues. Fourth Edition. United States of America: Allyn and Bacon. 2004

Plunkett, W.R., dan Attner, R.F., Introduction to Management . Boston, Massa-chusetts: Kent Publishing Company, 1983.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya. 1987.

Rahman et al. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint. 2006.

Reinhartz, Judy & Don M. Beach. Educational Leadership: Changing Schools, Changing Roles. USA: Pearson. 2004.

Rifai, Moch. dan Mamusung, Y. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Bandung : FIP IKIP, Bandung. 1990.

Rivai, Veitzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : Rajawali Pers. 2003.

Robbins, S & Coulter, M. Management, 7thedn. United States of America, Prentice-Hall, Inc. 1999.

Rusman, Manajemen Kurikulum. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2003.

Sahertian, Piet A. Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta : Andi Offset, 1994.

Satori, Djama’an dan Komariah, Aan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfa Beta. 2009.

Satori, Djama’an et al. Pedoman Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung, Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. 2001.

Satori, Djama'an. “ Pengembangan Model Supervisi Sekolah Dasar.” Disertasi, Fakultas Pascasarjana IKIP Bandung. 1989.

Sergiovanni, T. J. The Principalship: A Reflective Practice Perspective. Boston: Allyn & Bacon. 1987.

Siagian, Harbangan. Administarsi Pendidikan suatu Pendekatan Sistemik, Semarang: PT Satya Wacana, 1989.

Soetopo, Hendyat, dan Soemanto, Wasty, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.1988.

Spradley, James.P. Metode Etnografi. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogyakarta. 2007.

Sudarmo, Indriyo Gito dan Mulyono, Agus. Prinsip Dasar Manajemen. Yogyakarta, BPFE. 2001.

Sudarwan, Danim. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Cetakan 1, Yogyakarta, Pustaka Pelajar. 2005.

Sudjana, N. dan Ibrahim, R. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Sinar Baru Algensindo. 2004.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. 2009.

Suharsaputra, Uhar. Administrasi Pendidikan, Bandung : Refika Aditama. 2010.

Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan; Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung: Angkasa, 1989.

Syaifuddin, Mohammad et al. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. 2007.

Tasman, M. “Implementasi Kebijakan Pembangunan SD-SMP Satu Atap Daerah Terpencil di Kabupaten Banggai ”. Disertasi, UNJ. 2012.

Venny Jessyca. “Ausaid and Capacity Building: Sustainability of An Education Aid Project”. Thesis, Deakin University. 2013.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2002.

Willower, D. J., & Kmetz, J. T. The Managerial Behavior of Elementary School Principals. Paper presented at the annual meeting of the American Educational Research Association, New York. 1982.

Diterbitkan
2021-05-31