PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIKA EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA
PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIKA EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA
Abstrak
Penelitian Tindakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika di kecamatan Air Periukan, Seluma Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah dasar yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan.Pada siklus pertama terjadi peningkatan gerak yang baik pada anak-anak, namun masih ada anak yang belum tuntas dalam peningkatan kemampuan koneksi matematika dengan jumlah 15 pada kriteria kurang, 10 anak termasuk pada kriteria baik. .Pada siklus kedua berdasarkan hasil penilaian guru dan terjadi peningkatan pada sikulus 2 dengan jumlah 16 siswa yang baik dan 9 siswa yang kurang. Pada siklus ke III dinyatakan tuntas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika pada siswa kelas VI sekolah dasar Negeri 83 Seluma
Referensi
Eliza, R., Fauzan, A., Lufri, L., & Yerizon, Y. (2018). Developing Realistic Problem-Based Learning Model for Teaching Mathematics in Vocational Education. International Journal of Science and Applied Technology, 3(1).
Hafiziani Eka Putri, Puji Rahayu, Ria Dewi Saptini, Misnarti. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan Cpa Dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metode Dikdaktik Jurnal Pendidikan ke SD-an Volume 11. No 1
Hayati, R., Fauzan, A., Iswari, M., & Khaidir, A. (2018, April). Designing of Holistic Mathematic Education Model Based-" System Among" at Low Grade Elementary School. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, No. 1, p. 012130). IOP Publishing.
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578.
Noviani¹, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) in Improving Primary School Students’ Spatial Ability in Subtopic Two Dimension Shape. JEP, 8(34).
Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2017). Improving mathematics teaching in kindergarten with realistic mathematical education. Early Childhood Education Journal, 45(3), 369-378.
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutiarso, S. (2000). Problem Posing, Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada seminar di Bandung: Tidak diterbitkan.
Yenni dan Risna Komalasari. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematis Vol. I, No. 1, April h.71-84.
Jurnal Pendidikan Dasar