PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIKA EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA

PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIKA EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA

  • Patrisia Trilasmini Sekolah Dasar 83 Seluma
  • Prayuniningtyas A.W Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Penelitian Tindakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika di kecamatan Air Periukan, Seluma Bengkulu.  Metode penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa kelas VI Sekolah dasar yang berjumlah 25 siswa. Penelitian  ini  dilakukan  selama  satu  bulan, penelitian  ini  terdiri  dari dua  siklus  dan  setiap siklus terdiri dari empat pertemuan.Pada siklus pertama terjadi peningkatan gerak yang baik pada anak-anak,   namun   masih   ada   anak   yang   belum   tuntas   dalam   peningkatan   kemampuan koneksi matematika dengan  jumlah  15  pada  kriteria  kurang,  10 anak  termasuk  pada kriteria  baik. .Pada  siklus  kedua  berdasarkan  hasil penilaian  guru  dan  terjadi  peningkatan  pada sikulus 2 dengan jumlah 16 siswa yang baik dan 9 siswa yang kurang. Pada siklus ke III dinyatakan tuntas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan RME  dapat meningkatkan  kemampuan koneksi matematika pada siswa kelas VI sekolah dasar Negeri 83 Seluma

Referensi

Arifin, A., Musa, H., & Alam, S. (2018). The Improvement of Result Learning Mathematic Through Peer Teaching Method on The Factorization Algebra Material of The Students VIII-3 Class at SMP Negeri 5 Parepare. Mathematic Education Journal, 2(1), 12-18.
Eliza, R., Fauzan, A., Lufri, L., & Yerizon, Y. (2018). Developing Realistic Problem-Based Learning Model for Teaching Mathematics in Vocational Education. International Journal of Science and Applied Technology, 3(1).
Hafiziani Eka Putri, Puji Rahayu, Ria Dewi Saptini, Misnarti. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan Cpa Dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metode Dikdaktik Jurnal Pendidikan ke SD-an Volume 11. No 1
Hayati, R., Fauzan, A., Iswari, M., & Khaidir, A. (2018, April). Designing of Holistic Mathematic Education Model Based-" System Among" at Low Grade Elementary School. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, No. 1, p. 012130). IOP Publishing.
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578.
Noviani¹, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) in Improving Primary School Students’ Spatial Ability in Subtopic Two Dimension Shape. JEP, 8(34).
Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2017). Improving mathematics teaching in kindergarten with realistic mathematical education. Early Childhood Education Journal, 45(3), 369-378.
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutiarso, S. (2000). Problem Posing, Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada seminar di Bandung: Tidak diterbitkan.
Yenni dan Risna Komalasari. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematis Vol. I, No. 1, April h.71-84.
Diterbitkan
2019-01-01