HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR STRADA BHAKTI NUSA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir kreatif dan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis cerpen terpisah dan simultan. Penelitian dilakukan pada siswa Sekolah Dasar Strada Bhakti Nusa Tangerang pada tahun 2015 dengan 40 sampel diambil dengan menggunakan simple total sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara: (1) berpikir kreatif dengan kemampuan membaca pemahaman, (2) kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis cerpen, (3) berpikir kreatif dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama-sama dengan kemampuan menulis cerpen. Dengan demikian kemampuan membaca pemahaman memiliki kontribusi lebih besar terhadap kemampuan menulis cerpen dibandingkan dengan berpikir kreatif. Akan tetapi, berpikir kreatif dan kemampuan membaca pemahaman memiliki kontribusi secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis cerpen.
Jurnal Pendidikan Dasar