Pengembangan Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Qur’an Bahrul Ulum Bogor
Abstract
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah prototype Kurikulum Program Tahfidz yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan program di Pondok Qur’an Bahrul Ulum. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan kurikulum Ralph Tyler. Model ini didasarkan pada pertanyaan atas 4 hal mendasar dalam mengembangkan kurikulum yang kemudian membentuk suatu prosedur pengembangan yaitu, (1) Menentukan tujuan yang ingin dicapai, (2) Menentukan pengalaman belajar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk mencapai tujuan, (3) Menentukan strategi serta pengorganisasian pengalaman belajar untuk mencapai tujuan, (4) Menentukan sistem evaluasi untuk mengatahui efektivitas kurikulum. Kemudian, sebagai bentuk penilaian terhadap prototype kurikulum yang dikembangkan maka dilakukan expert review. Adapun hasil review dari ahli kurikulum memperoleh skor 3.09 dan dari ahli materi memperoleh skor 3.04, maka diprolehlah skor rata-rata 3.065. Dan berdasarkan kriteria hasil yang telah ditentukan, maka prototype kurikulum yang telah dikembangkan memperoleh skor dengan katagori baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).