Pengembangan Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Qur’an Bahrul Ulum Bogor

Authors

  • Ummu Kulsum Wiyarandi Universitas Negeri Jakarta
  • Dr. KHAERUDIN, M.Pd
  • Diana Ariani, S.Pd., M.Pd

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah  prototype Kurikulum Program Tahfidz yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan program di Pondok Qur’an Bahrul Ulum. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan kurikulum Ralph Tyler. Model ini didasarkan pada pertanyaan atas 4 hal mendasar  dalam mengembangkan kurikulum yang kemudian membentuk suatu prosedur pengembangan yaitu, (1) Menentukan tujuan yang ingin dicapai, (2) Menentukan pengalaman belajar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk mencapai tujuan, (3) Menentukan strategi serta pengorganisasian pengalaman belajar untuk mencapai tujuan, (4) Menentukan sistem evaluasi untuk mengatahui efektivitas kurikulum­­. Kemudian, sebagai bentuk penilaian terhadap prototype kurikulum yang dikembangkan maka dilakukan expert review. Adapun hasil review dari ahli kurikulum memperoleh skor 3.09 dan dari ahli materi memperoleh skor 3.04, maka diprolehlah skor rata-rata 3.065. Dan berdasarkan kriteria hasil yang telah ditentukan, maka prototype kurikulum yang telah dikembangkan memperoleh skor dengan katagori baik.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Ummu Kulsum Wiyarandi, Dr. KHAERUDIN, M.Pd, & Diana Ariani, S.Pd., M.Pd. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Qur’an Bahrul Ulum Bogor . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 79–87. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/13982