Pengembangan Konten Pembelajaran di Media Sosial Instagram untuk Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 103 Jakarta

Authors

  • Abu Dzar Al Ghifari Teknologi Pendidikan UNJ
  • Retno Widyaningrum, S.Sos, MM. Teknologi Pendidikan UNJ
  • Santi Maudiarti S.E, M.Pd

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.041.06

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk berupa konten mata pelajaran sosiologi yang dikembangkan kedalam berbagai format yaitu visual dan audio-visual dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Pengembangan ini dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan kinerja belajar peserta didik dan menambah media belajar yang variatif terhadap mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan tahapan model Dick and Carey, yaitu Asess  Needs to Identify goal(s), Conduct Instructional Analysis, Analyze Learners and Contexts, Write Performance Objectives, Develop Assessment Instruments, Develop Instructional Strategy, dan pada tahap ketujuh, Develop and Select Instructional Materials menggunakan model pengembangan ke dua, yaitu Decide, Design, Develop and  Evaluation (DDD-E). Nilai rata-rata yang diperoleh  sebagai berikut: Ahli materi sebesar 3,84 kategori sangat baik, Ahli media pembelajaran sebesar 3,65 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata dari hasil uji coba one to one adalah sebesar 3,4 kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan konten di media sosial Instagram pada penelitian ini dapat memfasilitasi peserta didik mempelajari mata pelajaran sosiologi.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Abu Dzar Al Ghifari, Retno Widyaningrum, S.Sos, MM., & Santi Maudiarti S.E, M.Pd. (2021). Pengembangan Konten Pembelajaran di Media Sosial Instagram untuk Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 103 Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.21009/JPI.041.06