Gamifikasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Muhamad Iqbal Zea Ul Haque Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Azhar Fachrezi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Angga Hadiapurwa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.071.07

Keywords:

gamifikasi, motivasi, pendidikan

Abstract

Perkembangan pembelajaran pada era saat ini sangat membutuh teknologi, terutama teknologi digital. Salah satu penerapan dari produk teknologi digital dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan game edukasi sebagai media pembelajaran. Game edukasi yaitu salah satu bentuk game yang ditujukan sebagai media pembelajaran, sarana latihan, sarana dalam menambah pengetahuan, dan juga media untuk melatih sikap dan perilaku pemain. Rendahnya motivasi mahasiswa untuk belajar, menjadi alasan dikembangkannya game edukasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh game edukasi dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hal ini dikarenakan permasalahan pada penelitian kali ini bersifat dominan terjadi di lapangan. Hasil percobaan menunjukan 65,8% menjawab setuju, 21,1% menjawab sangat setuju bahwa gamifikasi pembelajaran dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar responden, sedangkan 2,6 % menjawab sangat tidak setuju, 10,5% menjawab netral. kesimpulannya, mayoritas responden setuju bahwa gamifikasi pembelajaran memiliki pengaruh positif dalam capaian hasil belajar.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Muhamad Iqbal Zea Ul Haque, Muhammad Azhar Fachrezi, & Angga Hadiapurwa. (2024). Gamifikasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 58–70. https://doi.org/10.21009/JPI.071.07