Gamifikasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.071.07Keywords:
gamifikasi, motivasi, pendidikanAbstract
Perkembangan pembelajaran pada era saat ini sangat membutuh teknologi, terutama teknologi digital. Salah satu penerapan dari produk teknologi digital dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan game edukasi sebagai media pembelajaran. Game edukasi yaitu salah satu bentuk game yang ditujukan sebagai media pembelajaran, sarana latihan, sarana dalam menambah pengetahuan, dan juga media untuk melatih sikap dan perilaku pemain. Rendahnya motivasi mahasiswa untuk belajar, menjadi alasan dikembangkannya game edukasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh game edukasi dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hal ini dikarenakan permasalahan pada penelitian kali ini bersifat dominan terjadi di lapangan. Hasil percobaan menunjukan 65,8% menjawab setuju, 21,1% menjawab sangat setuju bahwa gamifikasi pembelajaran dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar responden, sedangkan 2,6 % menjawab sangat tidak setuju, 10,5% menjawab netral. kesimpulannya, mayoritas responden setuju bahwa gamifikasi pembelajaran memiliki pengaruh positif dalam capaian hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembelajaran Inovatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).