Evaluasi Kirkpatrick Level I Pelatihan Communication Skills Di Balai Diklat Keuangan Malang
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.051.11Keywords:
Evaluation; Training; Reaction; KirkpatrickAbstract
Untuk mengetahui efektifitas suatu pelatihan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja pegawai diperlukan evaluasi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pelatihan adalah dengan Kirkpatrick four levels evaluation model yang dikembangkan oleh Kirkpatrick. Model evaluasi ini terdiri dari empat macam level evaluasi yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan dan pengajar pada pelatihan communication skills Angkatan 1 tahun 2021 di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan Malang (level-1). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa reaksi peserta pelatihan terhadap penyelenggaraan dan pengajar dalam pelatihan communication skills ini adalah sangat baik sebagaimana ditunjukkan dari penilaian peserta dengan rata-rata nilai diatas 4,5. Namun demikian, perlu dipertimbangkan masukan dari peserta berkaitan dengan waktu penyelenggaraan, durasi waktu synchronous dan memberikan tambahan contoh guna meningkatkan kualitas pelatihan sejenis di masa yang akan datang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).