Pengembangan Learning Object Video Motion Graphic Mata Kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.042.08Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan produk Learning Object (LO) Video Motion Graphic Mata kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ. LO berfokus pada video pembelajaran berupa motion graphic menggunakan model Rapid Prototyping yang memiliki 5 tahapan, Assess Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype (design), Utilization Prototype (research), dan Installing the Final System. Hasil penelitian berupa produk 5 video motion graphic yang diunggah ke dalam Learning Management System sebagai bahan pembelajaran online. LO ini telah melalui evaluasi yang melibatkan ahli dan pengguna. Hasil expert review diperoleh ahli materi sebesar 3,82 (sangat baik), ahli media 3,89 (sangat baik). Selanjutnya hasil uji coba pengguna one to one memperoleh nilai 3,59 (sangat baik) dan small group sebesar 3,78 (sangat baik). Hasil evaluasi formatif menunjukkan produk LO dapat dikatakan sangat baik dan layak dijadikan Learning Object pada Mata kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).