Pengembangan Learning Object Video Motion Graphic Mata Kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ

Authors

  • Esgi Afrista Student
  • Retno Widyaningrum
  • Diana Ariani

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.042.08

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan produk Learning Object (LO) Video Motion Graphic Mata kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ. LO berfokus pada video pembelajaran berupa motion graphic menggunakan model Rapid Prototyping yang memiliki 5 tahapan, Assess Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype (design), Utilization Prototype (research), dan Installing the Final System. Hasil penelitian berupa produk 5 video motion graphic yang diunggah ke dalam Learning Management System sebagai bahan pembelajaran online. LO ini telah melalui evaluasi yang melibatkan ahli dan pengguna. Hasil expert review diperoleh ahli materi sebesar 3,82 (sangat baik), ahli media 3,89 (sangat baik). Selanjutnya hasil uji coba pengguna one to one memperoleh nilai 3,59 (sangat baik) dan small group sebesar 3,78 (sangat baik). Hasil evaluasi formatif menunjukkan produk LO dapat dikatakan sangat baik dan layak dijadikan Learning Object pada Mata kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Afrista, E., Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M., & Diana Ariani, S.Pd., M.Pd. (2021). Pengembangan Learning Object Video Motion Graphic Mata Kuliah Persepsi dan Desain Pesan di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(2), 64–71. https://doi.org/10.21009/JPI.042.08