Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi untuk Kompetensi Keahlian Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.062.01Keywords:
PHP, CIPP, Multimedia, MySQL, TechnologyAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sekali perubahan yang terjadi, salah satunya adalah perubahan dalam dunia pendidikan. Selain itu, pandemi COVID – 19 memaksa para guru untuk mengaplikasikan teknologi dalam setiap pembelajaran dan menuntut proses evaluasi yang cepat pula. Penelitian dilakukan untuk mencari solusi bagaimana proses evaluasi bisa berjalan dengan cepat dan tepat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dimana kami mencari solusi dari beberapa penelitian terkait. Model CIPP bisa digunakan untuk mengevaluasi peserta didik yang berada di dalam program pendidikan keahlian multimedia. Selain itu, terdapat pula beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk membuat sebuah alat evaluasi yakni merancang aplikasi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi dengan PHP dan MySQL. Model evaluasi tadi bisa di integrasikan dengan teknologi yang sudah ada saat ini. Dengan begitu, para evaluator tidak perlu kesulitan dalam mengolah dan mengoreksi data hasil belajar siswa, terutama siswa dalam program pendidikan multimedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).