Pengembangan Media Kartu Bergambar Elektronik Pada Kelas V Sekolah Dasar

Indonesian

  • Royana Yuksafa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: media, kartu bergambar, ADDIE, siswa kelas 5, PPKn

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu bergambar elektronik sebagai penunjang media pada pembelajaran PPKn materi pengamalan nilai-nilai pancasila serta dapat mengetahui validasi media tersebut di keas V Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kramat pela 07 sebanyak 33 orang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE yang terdiri atas lima tahapan diantaranya, menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik, merancang produk dan menyusun instrumen, mengembangkan produk dan validasi para ahli, menguji coba kepada peserta didik dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media kartu bergambar elektronik untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji coba pengembangan media dilakukan kepada tiga ahli yaitu, ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut kelayakan produk mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88.17% yang dikategorikan sangat baik. Sedangkan dari uji coba kepada peserta didik melalui uji coba one-to-one, small group, dan field test kelayakan produk mendapat nilai dengan perolehan rata-rata 92.5% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar.

Published
2023-03-31
How to Cite
Eko Rudi Hartono, R. Y. (2023). Pengembangan Media Kartu Bergambar Elektronik Pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 35 - 42. https://doi.org/10.21009/JPI.061.05