Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman

Authors

  • Daniel Jesayanto Jaya Politeknik Sampit
  • Arif Muhammad Yusuf Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nuur Lailatur Rahmah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.061.04

Keywords:

tutor teman sebaya, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian dalam aspek persiapan, pelaksanaan, dan penilaian Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah evaluasi. Subyek penelitian adalah 88 orang siswa program keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman dengan sampel SMK N 1 Seyegan dan SMK N 2 Depok Sleman. Data diambil dengan metode kuisioner tertutup dan dokumentasi pedoman PKL. Metode validasi yang digunakan adalah Expert Judgement, sedangkan Alpha Cronbach digunakan untuk mencari nilai reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif berupa harga rerata ( ),standar deviasi (StD), dan kecenderungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat ketercapaian persiapan PKL siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori “terlaksana dengan sangat baik” dengan tingkat pencapaian sebesar 80,66%, (2) tingkat ketercapaian keterlaksanaan PKL siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori “terlaksana dengan sangat baik” dengan tingkat pencapaian sebesar 78,75% , dan (3) tingkat ketercapaian proses penilaian PKL siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori “terlaksana dengan baik” dengan tingkat pencapaian sebesar 70,61%.

 

Abstract

This research aims to determine the level of achievement in the aspects of preparation, implementation, and assessment of Field Work Practices (PKL) of Vocational School students in the Building Engineering Program in Sleman Regency. This type of research is evaluation research. The research subjects were 88 students in the Building Engineering Program in Sleman Regency with samples of SMK N 1 Seyegan and SMK N 2 in Depok Sleman. Data was taken by closed questionnaire method and PKL guideline documentation. The validation method used is Expert Judgment, while Alpha Cronbach is used to find the reliability value. Data analysis techniques that used include descriptive statistics in the form of average prices (X ¯), deviation standard (StD), and score trends. The results showed that: (1) the level of achievement preparation for SMK students in the Building Engineering Program in Sleman Regency was included in the "very well implemented" category with an achievement rate of 80.66%, (2) the level of achievement of student’s PKL at Vocational School of Building Engineering in Sleman Regency is included in the "very well done" category with an achievement rate of 78.75%, and (3) the level of achievement of the PKL assessment process for SMK students in the Building Engineering Program in Sleman Regency is included in the "well done" category with achievement rate of 70.61%.

Author Biographies

Arif Muhammad Yusuf , Universitas Negeri Yogyakarta

Alumni Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik 

Nuur Lailatur Rahmah, Universitas Negeri Yogyakarta

Alumni Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Jaya, D. J., Yusuf , A. M. ., & Rahmah, N. L. . . (2023). Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 25–34. https://doi.org/10.21009/JPI.061.04