Inovasi Pembelajaran: Integrasi antara Perkuliahan Daring dan Praktikum Luring saat Adaptasi New Normal

Authors

  • Marisa Christina Tapilouw Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.061.01

Keywords:

Inovasi pembelajaran; New normal; Praktikum; IPA

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut dunia Pendidikan untuk terus berinovasi. Dosen berperan penting dalam melakukan inovasi pembelajaran. Kondisi peralihan perkuliahan daring menuju luring/ adaptasi new normal, melatar belakangi inovasi perkuliahan Telaah Mapel IPA (BE-6xx).  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebermanfaatan, keunggulan, hambatan dan solusi dalam inovasi perkuliahan. Penelitian ini merupakan studi kualitatif berupa studi lapangan. Penelitian ini dilakukan pada Semester Genap tahun 2021/2022 untuk mempersiapkan mahasiswa menuju perkuliahan full tatap muka/ era new normal. Dalam perkuliahan ini, ditekankan pada mata pelajaran IPA terpadu yang artinya ada keterpaduan antara konsep Biologi, Fisika, Kimia. Hal ini sesuai dengan misi Kurikulum sekolah yang berlaku. Ada empat topik pembelajaran yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu (1) Objek IPA dan pengamatannya; (2) Sistem organisasi kehidupan; (3) Cahaya dan alat optik; (4) Pencemaran Lingkungan, termasuk pengenalan EON-XR Reality. Salah satu keunggulan inovasi yaitu mengejar ketertinggalan keterampilan dalam praktikum yang tertunda selama Pandemi covid-19.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Tapilouw, M. C. (2023). Inovasi Pembelajaran: Integrasi antara Perkuliahan Daring dan Praktikum Luring saat Adaptasi New Normal. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 01–06. https://doi.org/10.21009/JPI.061.01