Inovasi Pembelajaran: Integrasi antara Perkuliahan Daring dan Praktikum Luring saat Adaptasi New Normal
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.061.01Keywords:
Inovasi pembelajaran; New normal; Praktikum; IPAAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut dunia Pendidikan untuk terus berinovasi. Dosen berperan penting dalam melakukan inovasi pembelajaran. Kondisi peralihan perkuliahan daring menuju luring/ adaptasi new normal, melatar belakangi inovasi perkuliahan Telaah Mapel IPA (BE-6xx). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebermanfaatan, keunggulan, hambatan dan solusi dalam inovasi perkuliahan. Penelitian ini merupakan studi kualitatif berupa studi lapangan. Penelitian ini dilakukan pada Semester Genap tahun 2021/2022 untuk mempersiapkan mahasiswa menuju perkuliahan full tatap muka/ era new normal. Dalam perkuliahan ini, ditekankan pada mata pelajaran IPA terpadu yang artinya ada keterpaduan antara konsep Biologi, Fisika, Kimia. Hal ini sesuai dengan misi Kurikulum sekolah yang berlaku. Ada empat topik pembelajaran yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu (1) Objek IPA dan pengamatannya; (2) Sistem organisasi kehidupan; (3) Cahaya dan alat optik; (4) Pencemaran Lingkungan, termasuk pengenalan EON-XR Reality. Salah satu keunggulan inovasi yaitu mengejar ketertinggalan keterampilan dalam praktikum yang tertunda selama Pandemi covid-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).