Media Video Tutorial untuk Pembelajaran Praktikum Spreadsheet Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.072.08Keywords:
media pembelajaran, pembelajaran Akuntansi, Audio visual, Spreadsheet Akuntansi, 4D ModelAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial berbasis audio visual pembelajaran Akuntansi Spreadsheet dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4D. Tahapan dalam pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis audio visual ini meliputi empat tahap yaitu: Tahap Define yang merupakan tahap awal untuk mendefinisikan masalah yang muncul di lapangan. Tahap Design yaitu tahap merancang produk media pembelajaran berbasis audio visual. Tahap Develop, yakni penilaian media oleh ahli materi, ahli media dan praktisi dosen untuk mendapatkan saran dan masukan, kemudian melakukan uji pengembangan untuk mendapatkan respon dari mahasiswa. Tahap Disseminate, menyebarluaskan media pembelajaran melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan skor sebesar 4,88; penilaian ahli media mendapatkan skor sebesar 4,70; penilaian praktisi mendapatkan skor 4,67; dan respon mahasiswa mendapatkan skor sebesar 4,55 keseluruhan penilaian termasuk kategori Sangat Layak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembelajaran Inovatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).