Pengembangan Media Permainan Jumanji Edukasi (Jumasi) Pada Mata Pelajaran Prakarya Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.071.10Keywords:
Media Pembelajaran; Pengembangan; Permainan Jumasi; PrakaryaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan Jumanji Edukasi (Jumasi) pada mata pelajaran prakarya materi pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi untuk kelas VIII di Sekolah menengah pertama Negeri 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian ini terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, tiga peserta didik uji perorangan dan delapan peserta didik uji kelompok kecil. Tingkat kelayakan media berdasarkan tingkat kevalidan yang diperoleh dari hasil validasi memperoleh rata-rata 95,3% untuk ahli materi dan 84,4% untuk ahli media dengan kategori sangat baik. Sedangkan tingkat kelayakan media berdasarkan hasil uji coba pengguna memperoleh rata-rata 100% untuk uji coba perorangan dan 95,8% untuk uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan jumanji edukasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Prakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembelajaran Inovatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).