Pengembangan Media Permainan Jumanji Edukasi (Jumasi) Pada Mata Pelajaran Prakarya Kelas VIII

Authors

  • Ade Alfianti Universitas Negeri Jakarta
  • Hamiyati Hamiyati
  • Muh Faesal

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.071.10

Keywords:

Media Pembelajaran; Pengembangan; Permainan Jumasi; Prakarya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan Jumanji Edukasi (Jumasi) pada mata pelajaran prakarya materi pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi untuk kelas VIII di Sekolah menengah pertama Negeri 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian ini terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, tiga peserta didik uji perorangan dan delapan peserta didik uji kelompok kecil. Tingkat kelayakan media berdasarkan tingkat kevalidan yang diperoleh dari hasil validasi memperoleh rata-rata 95,3% untuk ahli materi dan 84,4% untuk ahli media dengan kategori sangat baik. Sedangkan tingkat kelayakan media berdasarkan hasil uji coba pengguna memperoleh rata-rata 100% untuk uji coba perorangan dan 95,8% untuk uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan jumanji edukasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Prakarya.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Alfianti, A., Hamiyati, H., & Faesal, M. (2024). Pengembangan Media Permainan Jumanji Edukasi (Jumasi) Pada Mata Pelajaran Prakarya Kelas VIII . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 87–94. https://doi.org/10.21009/JPI.071.10