Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Model PBL & TPS

Authors

  • Prahesti Tirta Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Firdaus Azhar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Kus Andini Purbaningrum Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.072.09

Keywords:

Problem Based Learning, Think Pair Share, Literasi Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan literasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning dengan siswa yang men menggunakan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Tangerang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 7.3 dan 7.4. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan N-Gain menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Untuk materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel model pembelajaran ProblemBased Learning mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika lebih baik dibandingkan dengan Think Pair Share

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Safitri, P. T., Azhar, F., & Purbaningrum, K. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Model PBL & TPS. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(2), 81–88. https://doi.org/10.21009/JPI.072.09