Perbedaan Penerapan Model-Model Pembelajaran pada Mata Kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar di Prodi S1 TP FIP UNJ

Authors

  • Mulyadi Mulyadi Universitas Negeri Jakarta
  • Awaluddin Tjalla Universitas Negeri Jakarta
  • Mahdiyah Mahdiyah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.071.01

Keywords:

Perbedaan, Penerapan, Model Pembelajaran, Uji Friedman

Abstract

Penelitian evaluasi pembelajaran ini bertujuan untuk membedakan penerapan model-model pembelajaran pada mata kuliah Pembinaan Kompetensi mengajar di Prodi TP FIP UNJ. Penelitian evaluasi ini mengacu pada model penelitian evaluasi formatif dan hasilnya dilakukan dengan analisis data kategorik menggunakan uji Friedman.. Adapun  model pembelajaran yang diteliti adaalah Probelem Based Learning, Cooperative Learning, Contextual Teaching and Learning dan Discovery-Inquiry Learning. Penelitian ini dilkukan dengan melibatkan 15 mahasiswa S1 TP Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ. Hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa terhadap implementasi model-model pembelajaran dipero;eh hasil: model Problem Based Learning [PBL] mendapat skor tertimggi 1.299 [Rerata 86,6], model Cooperatif Learning [CL] mendapat skor 1.278 [rerata 85,2, model Contextual Teaching and Learning [CTL] mendapat skor 1.280 [rerata 85,3] dan model Discovery-Inquiry Learning   [DIL] mendapat skor terendah 1.276 [rerata 85,1]. Berdasarkan hasil uji Friedman nilai c2r = 1,92 dan c2r table = 7,8 pada db = 3 dan a=5%, maka tidak terdapat perbedaan pengaruh perlakuan Model Pembelajaran Probelem Based Learning, Cooperative Learning, Contextual Teaching and Learning dan Discovery-Inquiry Learning. pada pembelajaran mata kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar. Dengan demikiian dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak. 

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Mulyadi, M., Tjalla, A., & Mahdiyah, M. (2024). Perbedaan Penerapan Model-Model Pembelajaran pada Mata Kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar di Prodi S1 TP FIP UNJ . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/JPI.071.01