Gamifikasi Berbasis Website Untuk Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNJ Menggunakan Model Integrative Learning Design Framework (ILDF).
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.072.04Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk berupa media
Smart Box. 2) Menguji keefektifan penggunaan produk pengembangan media Smart
Box untuk Siswa kelas 4 di SDN Cijujung 01 Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, Thiagarajan (1974).
Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan test, dengan subjek
melibatkan satu guru kelas 4D dan 34 siswa kelas 4D SDN Cijujung 01 Kabupaten
Bogor. Analisis data menggunakan teknil analisis data kualitatif dan kuantitaif. Hasil
penelitian ini adalah uji coba small group dengan nilai 63,37% kategori “efektif”, uji
coba field test dengan nilai 66,59% kategori “efektif”, hasil angket respon uji coba small
group dengan skor 97,1% kategori “sangat valid”, hasil angket uji coba field test dengan
skor 95,2% kategori “sangat valid”. Kesimpulan Hasil penelitian adalah: (1) Media Smart
Box dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas 4 di SDN Cijujung 01
Kabupaten Bogor, dan (2) Media Smart Box efektif digunakan sebagai media
pembelajaran “Pendidikan Pancasila” di kelas 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembelajaran Inovatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).