Penggunaan MOOC Sebagai Media Pembelajaran Online; Peluang dan Tantangan

Authors

  • Resti Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Mulyadi Universitas Negeri Jakarta
  • Rima Agustia Utami Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.072.06

Keywords:

Studi Literatur, MOOC, Online Learning

Abstract

Penelitian ini menyelidiki peluang dan tantangan yang terkait dengan Massive Open Online Courses (MOOCs) berdasarkan artikel penelitian yang diterbitkan antara tahun 2021 hingga 2024. MOOCs diakui memiliki potensi untuk menyediakan pendidikan yang fleksibel dan dapat diakses, khususnya di negara berkembang, memungkinkan pembelajar mengakses sumber daya pendidikan berkualitas dari jarak jauh. Namun, meskipun menawarkan banyak manfaat, MOOCs juga menghadirkan sejumlah tantangan, termasuk kesulitan dalam mengelola materi pembelajaran yang beragam, menghubungkan teori dengan praktik, serta mengatasi keterampilan menulis akademik dan manajemen waktu. Peserta juga menghadapi masalah seperti keterbatasan interaksi langsung dengan pengajar dan sesama peserta, yang dapat mengurangi motivasi dan keterlibatan. Penelitian ini menyarankan bahwa untuk memaksimalkan potensi MOOCs, peserta perlu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan manajemen diri untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Dengan mengatasi masalah-masalah ini, peserta dapat meningkatkan pengembangan akademik dan profesional mereka serta memperoleh manfaat maksimal dari peluang yang ditawarkan oleh MOOCs.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Utami, R., Mulyadi, & Utami, R. A. (2024). Penggunaan MOOC Sebagai Media Pembelajaran Online; Peluang dan Tantangan . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(2), 49–56. https://doi.org/10.21009/JPI.072.06

Most read articles by the same author(s)

> >>