Pengembangan Buku Panduan “Urinalisis” di Laboratorium

Authors

  • Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.
  • Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.
  • Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.011.08

Keywords:

Analisis, Buku Panduan, Laboratorium, Pengembangan, Urinalisis

Abstract

Penelitian ini menghasilkan sebuah Buku Panduan Analisis “Urinalisis†untuk Mahasiswa PKL DIII Analis Kesehatan di Laboratorium RSUD Budhi Asih. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk memberikan petunjuk bagi mahasiswa, guna membantu melaksanakan kegiatan pemeriksaan tahap analisis khususnya mengenai urinalisis. Pengembangan buku panduan ini, mengacu pada model pembelajaran yang berorientasi pada produk yaitu, model Rowntree. Model Rowntree memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, persiapan penulisan, serta penulisan dan penyuntingan. Hasil evaluasi, sebagai berikut: Expert Review dinyatakan baik, One-to-One dinyatakan baik, Small Group dinyatakan baik, Field Test menggunakan evaluasi hasil belajar dinyatakan baik, dan menggunakan penilaian kinerja dinyatakan baik. Berdasarkan hasil keseluruhan evaluasi yang telah di uji coba, bahwa buku panduan yang telah dikembangkan memiliki kualitas baik. Sehingga buku panduan dapat digunakan untuk memfasilitasi dalam membantu, mahasiswa dalam proses pemeriksaan urinalisis.

 

This research resulted a Development of Analysis Guidebook "Urinalysis" for DIII fieldwork student Health Analyst at Laboratory of Budhi Asih Hospital. The purpose of the development, in assisting the examination activity of the analysis phase, especially urinalysis. The development of this guidebook, referring to a product oriented learning model that call, Model Rowntree. Model Rowntree has three stages planning, preparation of writing, and writing and editing. The results of evaluation, as follows:  Expert Review declared good, One to One declared good, Small Group declared good, Field Test using evaluation of learning outcomes declared good, and using a performance assessment declared good. Based from the overall results of evaluations that have been tested, it’s that the guidebooks that have been developed has good quality. So guidebooks can be used to facilitate in helping student in the process of urinalysis.

Published

2018-02-21

How to Cite

Vinita, Bintang Petrus, & Suprayekti. (2018). Pengembangan Buku Panduan “Urinalisis” di Laboratorium. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.21009/JPI.011.08