Pengembangan Video Pekerjaan Bidang Perpustakaan, Pendidikan dan Pelatihan dalam Layanan Perencanaan Individual

Authors

  • Wening Cahyawulan Universitas Negeri Jakarta
  • Christina Novelia Sibarani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.012.01

Keywords:

Pekerjaan Perpustakaan, Pendidikan, dan Pelatihan, Layanan Perencanaan Individual, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video pekerjaan bidang perpustakaan, pendidikan dan pelatihan yang digunakan dalam layanan perencanaan individual untuk kelas XI di SMA N 31 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Tahapan model pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Evaluasi formatif dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan hasil evaluasi validitasi ahli media 95,66% (sangat layak), validatasi ahli materi 70,45% (layak), dan uji coba peserta didik mencapai 74% (layak). Hasil penelitian adalah tujuh video yang menjelaskan pekerjaan pustakawan, guru pendidikan sekolah dasar, guru pendidikan menengah, guru pendidikan kejuruan, guru pendidikan khusus, dosen, instructional designer. Masing-masing video mendeskripsikan pengertian, tugas yang dilakukan, kompetensi yang harus dimiliki, serta pengalaman kerja.

Published

2018-08-21

How to Cite

Cahyawulan, W., & Sibarani, C. N. (2018). Pengembangan Video Pekerjaan Bidang Perpustakaan, Pendidikan dan Pelatihan dalam Layanan Perencanaan Individual. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.21009/JPI.012.01