Validasi Skala Sikap Terhadap Pelajaran Matematika dan Sains
Scale Validation on Attitudes Toward Mathematics and Sains Scale
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPPP.092.02Keywords:
sikap terhadap pelajaran, validitas, minat, korelasi, Spearman Rho, kriteriaAbstract
Penelitian bertujuan melakukan validasi Skala Sikap terhadap Pelajaran Matematika dan Sains dengan kriteria variabel lain. Pelajaran terdiri Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Kriteria berupa Tes Potensi Akademik Universitas Jambi, Minat Ilmu Kesehatan - Tes Minat Indonesia, dan Nilai Ujian Nasional. Subjek penelitian, mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi berjumlah N=549. Terdapat hubungan positif TPA dengan Matematika рxy=0.238; Kimia рxy=0.2000 dan Biologi рxy=0.163 serta tidak ada hubungan dengan Fisika рxy=-0.044 (p<0,01; N=549). Terdapat hubungan positif Minat Ilmu Kesehatan dengan Biologi рxy=0.173 dan Kimia рxy=0.148. Terdapat hubungan positif nilai Ujian Sekolah pada pelajaran Matematika рxy=0.373 dan Kimia рxy=0.235. Alat ukur maupun data penelitian dapat digunakan untuk bahan pembelajaran, validasi alat ukur lain, evaluasi pembelajaran, peminatan SMA maupun penjurusan kuliah. Penelitian berikutnya melakukan validasi dengan nilai ujian nasional dengan subjek lebih luas dan IPK mahasiswa demi mencapai pengukuran yang kuat.