Kontrol Diri dan Harapan Keberhasilan Studi Pada Siswa Sma

  • Azzahra Isdihar Universitas Islam Negeri Raden Mas Said
  • Wakhid Musthofa
Kata Kunci: Kontrol Diri; Harapan Keberhasilan Studi, Siswa

Abstrak

Harapan keberhasilan studi adalah kerangka teoritis yang penting untuk memandu penelitian dan praktik masa depan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi harapan adalah kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan harapan keberhasilan studi siswa SMA. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel berjumlah 106 yang berlokasi di SMA Al Islam 1 Surakarta. Hasil analisis data penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0, 672 dengan nilai signifikansi 0,000 ( p < 0.05). Hasil korelasi tersebut dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) terdapatnya hubungan yang positif antara kontrol diri dengan harapan keberhasilan studi siswa SMA dapat diterima. Implikasi dengan adanya penelitian ini, siswa bisa melihat adanya hubungan kontrol diri dengan harapan keberhasilan studi, sehingga apabila siswa ingin memiliki harapan keberhasilan studi yang tinggi, maka bisa melakukan upaya kontrol diri yang baik.

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program (1st ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845
Bukchin, S., & Kerret, D. (2020). The role of self-control , hope and information in technology adoption by smallholder farmers – A moderation model. Journal of Rural Studies, January, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.01.009
Desnita, & Karneli, Y. (2022). Tingkat Kesiapan Belajar Siswa Smp Terbuka Jakarta Implikasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(02), 106–112. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i02.1462
Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Genç, E., & Arslan, G. (2021). Optimism and Dispositional Hope to Promote College Students’ Subjective Well-being in the Context of the COVID-19 Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 5(2), 87–96. https://doi.org/10.47602/jpsp.v5i2.255
Ghozi, S., Suriana, I., & Ramli, R. (2016). Analisis Survey Pilihan Studi Dan Bidang Kerja Lulusan SMA/SMK Di Kalimantan Timur. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(2), 107–112. https://doi.org/10.32487/jst.v2i2.183
Hansen, M. J., Trujillo, D. J., Boland, D. L., & Mackinnon, J. L. (2015). Overcoming obstacles and academic hope: An examination of factors promoting effective academic success strategies. Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice, 16(1), 49–71. https://doi.org/10.2190/CS.16.1.c
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3091
Jembarwati, O. (2015). Pelatihan Orientasi Masa Depan Dan Harapan Keberhasilan Studi Pada Siswa Sma. Humanitas, 12(1), 45. https://doi.org/10.26555/humanitas.v12i1.3828
Nalim, Dewi, H. L., & Safii, M. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Studi Mahasiswa di PTKIN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 7(4), 1003–1013.
Pratiwi, M., Wicaksono, L., & Astuti, I. (2020). Analisis kontrol diri siswa pada kelas x smk negeri 03 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(8). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41843
Pujawati, Z. (2015). Hubungan Kontrol Diri Dan Dukungan Orang Tua Dan Perilaku Disiplin Pada Santri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3)(3), 321–330. file:///C:/Users/User/Downloads/3789-10085-1-PB.pdf%0Ahttp://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3789/2466
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In P. C. Ambarwati (Ed.), Cv. Wade Group (1st ed.). CV. Wade Group.
Puspita, M., Erlamsyah, & Syahniar. (2013). Hubungan antara Perlakuan Orang Tua dengan Kontrol Diri Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 1, 330–337.
Saifuddin, Ahmad. (2020). Penyusunan Skala Psikologi (1st ed). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sari, S., Yusri, & Said, A. (2017). Kontrol Diri Siswa dalam Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Upaya Guru BK untuk Meningkatkan Kontrol Diri. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 32–37.
Sembiring, E. A., & Fauzia, R. (2012). Harapan akan Kesuksesan Perkawinan pada Individu yang Melakukan Perkawinan Semarga pada Suku Batak. BMC Public Health, 1(1), 1–8.
Snyder, C. R. (2002). Hope Theory : Rainbows in the Mind. Psychological Inquiry, 13(4), 249–275.
Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2016). Handbook of Positive Psychology. In The Oxford Handbook of Positive Psychology. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199396511.013.1
Snyder, C. R., Rand, K. L., & Cheavens, J. S. (2018). Hope Theory: A Member of the Positive Psychology Family. In The Oxford Handbook of Positive Psychology, (2 Ed.) (Issue May). https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199399314.013.3
Snyder, C. R., Shorey, H. S., Cheavens, J., Pulvers, K. M., Adams, V. H., & Wiklund, C. (2002). Hope and academic success in college. Journal of Educational Psychology, 94(4), 820–826. https://doi.org/10.1037/0022-0663.94.4.820.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed). Bandung: Alfabeta,
Diterbitkan
2023-04-22