Pembelajaran Sejarah Abad 21: Nilai-nilai Sejarah Lokal Sebagai Identitas Bangsa

Authors

  • Herdin Muhtarom Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Keywords:

Local History, Learning Models, 21st Century

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to find out 21st century learning in growing national identity through the values ​​contained in local historical values. The research method in this study is to use a qualitative approach with a literature study method. This research shows that through local history learning can create a national identity and foster a sense of unity through local history to be able to realize local history learning through a blended learning model, namely the combination of direct and indirect learning. This will make it easier for students to think critically about local history.

Keywords : Local History, Learning Models, 21st Century

 

Abstract : Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pembelajaran abad 21 dalam menumbuhkan identitas bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam nilai-nilai sejarah lokal. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hal dalam penelitian ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran sejarah lokal dapat menciptakan identitas bangsa serta menumbuhkan rasa persatuan melalui sejarah lokal untuk dapat merealisasikan pembelajaran sejarah lokal melalui model pembelajaran blended learning yaitu penggabungan pembelajaran secara langsung dan tidak langsung. Hal tersebut akan memberikan kemudahan terhadap siswa untuk berpikir kritis terhadap sejarah lokal.

Kata kunci : Sejarah Lokal, Model Pembelajaran, abad 21

Abstract: The purpose of this study is to find out 21st century learning in growing national identity through the values ​​contained in local historical values. The research method in this study is to use a qualitative approach with a literature study method. This research shows that through local history learning can create a national identity and foster a sense of unity through local history to be able to realize local history learning through a blended learning model, namely the combination of direct and indirect learning. This will make it easier for students to think critically about local history.

Keywords : Local History, Learning Models, 21st Century

 

Abstract : Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pembelajaran abad 21 dalam menumbuhkan identitas bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam nilai-nilai sejarah lokal. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hal dalam penelitian ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran sejarah lokal dapat menciptakan identitas bangsa serta menumbuhkan rasa persatuan melalui sejarah lokal untuk dapat merealisasikan pembelajaran sejarah lokal melalui model pembelajaran blended learning yaitu penggabungan pembelajaran secara langsung dan tidak langsung. Hal tersebut akan memberikan kemudahan terhadap siswa untuk berpikir kritis terhadap sejarah lokal.

Kata kunci : Sejarah Lokal, Model Pembelajaran, abad 21

 

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Herdin Muhtarom. (2022). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Nilai-nilai Sejarah Lokal Sebagai Identitas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 116–130. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/21195