PENGARUH REPUTASI PENJUAL, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SECOND HAND (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI OLX)

Authors

  • Abdullah aziz Universitas Negeri Surabaya
  • Monika Tiarawati

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRMSI.012.1.01

Keywords:

Reputasi penjual, Kepercayaan, kemudahan, keputusan pembelian

Abstract

Perkembangan teknlogi informasi dan komunikasi di era saat ini masyarakat sering memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membeli atau menjual barang. Salah satunya membeli atau menjual barang bekas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh reputasi penjual, kepercayaan, dan kemudahan  terhadap keputusan pembelian produk online second hand pada aplikasi OLX. Penelitian ini menggunakan 220 responden dengan teknik non-probability sampling dan metode yang digunakan adalah judgemental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa reputasi penjual dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kemudahan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Abdullah aziz, & Monika Tiarawati. (2021). PENGARUH REPUTASI PENJUAL, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SECOND HAND (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI OLX). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JRMSI.012.1.01