PERILAKU BELANJA ONLINE KONSUMEN TERHADAP EVENT BLACK FRIDAY DAN FLASH SALE PADA LIBURAN SYUKUR SELAMA PANDEMIK COVID-19 DI INDONESIA: BUNGA DAN PEMBELIAN

Authors

  • Kartika Rose Rachmadi Universitas Islam Malang
  • Rois Arifin
  • Ahsani Taqwiem

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRMSI.012.1.04

Keywords:

Perilaku Konsumen, Black Friday, Flash Sale, Pandemi

Abstract

Keadaan pandemi ini merupakan salah satu faktor pendorong terciptanya persaingan bagi semua kalangan, terutama dalam hal ini para pelaku bisnis. Para pebisnis harus merespon situasi ini dengan bijak yang mendukung kebutuhan tersebut adalah internet. Perilaku konsumen merupakan sikap manusia dalam memanfaatkan pendapatannya dalam memenuhi kebutuhan, baik secara individu maupun sosial khususnya perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengacu pada proses pembelian produk atau jasa melalui internet dan untuk mengetahui perilaku konsumen serta faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap minat dan keputusan pembelian secara online pada Black Friday dan Flash Sales di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah membandingkan hasil penelitian, jurnal dan data yang meneliti belanja online di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi belum mengurangi konsumen dalam membelanjakan suatu produk selama pandemi online. Meski budaya ini baru pertama kali ditanamkan di AS, negara lain juga merayakan pesta belanja online ini, termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia juga tertarik dengan pesta diskon di akhir tahun ini karena diberikan kemudahan berbelanja terutama pada saat pandemi yang hampir semuanya dilakukan secara online. Sehingga dapat menjadi referensi dan pertimbangan bagi e-commerce di Indonesia dalam menghubungkan dan menjaga pelanggan untuk memberikan promo diskon dan tetap berbelanja di tokonya agar toko tersebut menarik dan disukai oleh pembeli.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Rachmadi, K. R., Rois Arifin, & Ahsani Taqwiem. (2021). PERILAKU BELANJA ONLINE KONSUMEN TERHADAP EVENT BLACK FRIDAY DAN FLASH SALE PADA LIBURAN SYUKUR SELAMA PANDEMIK COVID-19 DI INDONESIA: BUNGA DAN PEMBELIAN. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 12(1), 59–76. https://doi.org/10.21009/JRMSI.012.1.04