PERAN KECERDASAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRMSI.013.2.03Keywords:
kecerdasan, minat berwirausaha, generasi ZAbstract
Generasi Z adalah generasi yang dilahirkan setelah generasi Y atau generasi millenial. Sebagian besar peneliti memperkirakan generasi ini lahir dalam kurun waktu 20-25 tahun terakhir, meskipun banyak peneliti masih memperdebatkan mengenai persisnya tahun kelahiran mereka. Generasi Z ini sekarang sudah menginjak dewasa, bahkan sudah mulai banyak yang mewarnai dunia kerja terutama dalam bidang bisnis. Para pakar meyakini mereka akan menjadi pemutar roda perekonomian dunia dalam waktu dekat ini. Ketertarikan untuk menekuni dunia bisnis yang tinggi pada generasi Z inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran beberapa jenis kecerdasan yang mempengaruhi minat berwirausaha bagi generasi Z. Obyek penelitian difokuskan pada mahasiswa yang tercatat aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta pada tahun 2021 dan telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Sampel ditentukan sebanyak minimal 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui googleform. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Temuan dari penelitian ini bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha pada generasi Z. Sedangkan kecerdasan adversitas dinyatakan tidak berpengaruh pada minat wirausaha generasi Z.
References
Dessy (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Locus of Control dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Stambuk 2014. Skripsi. FEB USU.
Ghozali, I (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ginanjar, A (2003) Rahasia Sukses membangkitkan ESQ Power, ARGA. Jakarta
Goleman D (2015) Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Hayati DN (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Ketrampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Semester VI FKIP UMS TA 2013/2014. Skripsi FKIP UNS. https://eprints.ums.ac.id.
Irawati dan Fauziah (2018) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berusaha pada Mahasiswa prodi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. Vol.7 no.3 Agustus.
Istiqomah (2016) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Digilib UIN Sunan Ampel.
Muhani S. Baga LM.,Triyonggo (2019) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa IPB Menggunakan Metode Regresi Linier. Tadbir Muwahhid.vol.3 no. 2.
Mustofa A ( 2018) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Kewirausahaan Pedagang di Pasar Gentan Ngaglik Sleman Yogyakarta. Institutional Repository UIN Suka Yogyakarta.
Natalia M (2020) Survei: 87% Milenial dan Gen Z Indonesia Ingin Buka Bisnis Baru. Sindonews.com 06 Agustus 2020.
Nggermanto A (2001) Quantum Quotient, Kecerdasan Quantum Cara Cepat Melejitkan IQ, EQ dan SQ secara Harmoni. Nuansa Cendekia, Bandung.
Nugrahaningsih H (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha dengan Efikasi Diri sebagai variabel Intervening pada mahasiswa Universitas 17Agustus 1945 Jakarta. Jurnal Mozaik 10 (1), 1-9.
Paulina dan Wardoyo (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosi, Sikap Mandiri, dan Lingkungan terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 3 No. 1 Maret 2012.
Putra YS (2016) Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti.vol.9 no.18 Desember.
Robbin, SP (2015) Perilaku Organisasi, Alh bahasa: Ratna S. Salemba Empat, edisi 16. Jakarta
Rus'an, RA (2013). Spiritual Quotient (Sq): Kecerdasan Ultimate. Lentera Pendidikan 16 (1), 91-100.
Rusdiyana RA dan Muttaqiyathun A (2020) Pengaruh Adversity Quotient, Efikasi Diri dan Need for Achievement terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional FMI DIY 24 Oktober 2020.
Sekaran & Bougie (2017) Metode Penelitian untuk Bisnis. Salemba Empat Jakarta.
Silalahi, Oberlin (2005) Empat Kecerdasan Seorang Pemimpin. Suara Merdeka 9 Juli.
Stillman D (2018) Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja (Indonesian Edition) Gramedia Pustaka Utama.
Stoltz (2007) Adversity Quotient: Mengubah Hambatan menjadi Peluang. PT Grasindo Jakarta.
Zimmerer & Scarborough (2004) Entrepreneurship and Thr New Veneture Formation. New Jersey: Prentice Hall International.
Zohar D dan Marshal I (2007) SQ: Kecerdasan Spiritual. Cetakan IX Juni. Mizan Pustaka. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Articles in Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.