ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CONSUMER LOYALTY: A STUDY ON CONSUMERS OF MRT JAKARTA PUBLIC TRANSPORTATION SERVICES
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRMSI.014.1.03Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen layanan transportasi umum MRT Jakarta. Beberapa variabel yang digunakan untuk mengukur loyalitas konsumen adalah kualitas pelayanan, harga, citra merek, kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen layanan transportasi umum MRT Jakarta yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Karakteristik sampel penelitian ini antara lain masyarakat di wilayah DKI Jakarta, remaja hingga dewasa berusia 17 tahun ke atas, aktif menggunakan layanan transportasi umum MRT Jakarta minimal lima kali dalam satu minggu terakhir. ada 7 hipotesis; pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen, pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen, pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen, dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Ada 7 hasil dari penelitian ini, diantaranya; variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 24 dan AMOS versi 24 untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian.
References
Akbar, A. (2020). https://statistik.jakarta.go.id/berapa-kepadatan-penduduk-dki-jakarta-saat-ini/
Amboningtyas, D., & Hasiholan, L. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Ada Swalayan Semarang Dheasey. 4(1), 15–33.
Andreani, F., Taniaji, T. L., & Made Puspitasari, R. N. (2012). The Impact of Brand Image Towards Loyalty with Satisfaction as A Mediator in McDonald’s. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1). https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.64-71
Asniwaty, B., Sehe, M., Siswanto, B., & Satryawati, -. (2019). Analysis of Effect of Service Quality, Physical Environment And Customer Experience To Customer Loyalty Through Customer Satisfaction of Visitor Starbucks Coffee In Samarinda. 75(ICMEMm 2018), 122–128. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.7
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Fadhila, N. A., & Diansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening di Klinik Syifa Medical Center. Media Studi Ekonomi, 21(1), 1–9.
Fahmi, A., & Hands, D. (2039). The Taxi Service Review: Malaysia Context. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, 7(4), 2039–9340. https://doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n4p
Fajarianto, B., Lubis, N., & Saryadi, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Cv. Ahass Sahabat Sejati Motor Tembalang Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 103079.
Fure, H. (2013). Lokasi Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado e-Mail: Hendrafure@yahoo.Com, 1(3), 273–283. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2023/1609
Gabrielle, N., & Harjati, L. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia. Jurnal Manajemen, 8(1), 58. http://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/590
Gayati, M. D. (2021). https://www.antaranews.com/berita/2387053/operasional-mrt-jakarta-terkendala-karena-gangguan-listrik
Gunawan, A., & Damayanti, F. R. (2021). Industrial Engineering Advance Research & Application Peningkatan Kualitas Layanan Pada Industri Transportasi Kereta. 6(2).
Hamid, M., & Sarita. (2018). Pengaruh Iklan dan Brand Image Sirup Bunga Padi 168 Terhadap Minat Beli Konsumen Di Desa Reulet Kecamatan Kota Juang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 6(1), 14–20.
Harianto, D. dk. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen kedai deja- vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–8.
Hutomo, A., Marditama, T., Limakrisna, N., Sentosa, I., Lee, J., & Yew, K. (2020). Green Human Resource Management, Customer Environmental Collaboration and the Enablers of Green Employee Empowerment: Enhanching an Environmental Performance. 1(2), 358–372. https://doi.org/10.38035/DIJEFA
Ifca. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Garudamiles Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Airways Di Pekanbaru.Jom Fisip, 2(1).
Ismail, M. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Yang Terpadu Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada Tabungan Siaga PT Bank Bukopin Cabang Pekanbaru. MENARA Ilmu, 12(80), 69. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1262681
Jayani,D.H.(2019).https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/29/jumlahpenduduk-indonesia-269-juta-jiwa-terbesar-keempat-dunia
Jihan, N., & Made, S. I. (2018). Analisis pengaruh kualitas layanan, harapan kinerja dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(1984), 8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22339
Lathifah, N., Ismail, M., & Management, M. (2021). Analysis Of The Effect Of Service Quality And Price On Loyalty Through Customer Satisfaction In Padang Restaurant In Makassar. 4(2), 56–71.
Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.
Lova,C .(2019). https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/04/07315311/hindari-antrean-mengular-di-loket-pt-mrt-imbau-warga-siapkan-uang
Makki,S . (2019). https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190401082119-20-382429/antre-loket-manual-penumpang-mrt-kecewa-belum-ada-multi-trip
Marcelitha T. Montolalu. (2013). The Impact Of Service Quality And Price To Customer Satisfaction And. 1(4), 1491–1498.
Mekel, V. R., Moniharapon, S., Tampenawas, J. L. A., Kualitas, P., Dan, P., & Konsumen, K. (2022). Loyalitas Konsumen Pada Perusahaan Transportasi Gojek Manado The Effect Of Service Quality And Consumer Satisfaction On Consumer Loyalty In Manado Gojek Transportation Company Jurnal Emba Vol . 10 No . 1 Januari 2022 , Hal . 1285-1294. 10(1), 1285–1294.
Miranthi, A., & Idris. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada penumpang New Atlas Taksi Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–8.
Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
Primadi,R.(2020).https://www.bumn.info/info-utama/mrt-jakarta-dan-bumn-yang-ikut-membangun
Putra, B. L. P. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Rolag Cafe Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1–10.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Semuel, H., & Wibisono, J. (2019). Brand Image , Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 27–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.27
Shyfa Mourizka Nadia, P. A. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Bts Kpop Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. 7(2), 3616–3634.
Subaebasni Subaebasni, Henny Risnawaty, & A.R. Arie Wicaksono. (2019). Effect of Brand Image, the Quality and Price on Customer Satisfaction and Implications for Customer Loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, 9(1), 90–97. http:www.econjournals.comDOI:https://doi.org/10.32479/irmm.7440
Subrata, G. &. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Motor Honda Merek Genio (Studi Kasus Masyarakat Desa Rantau Panjang Kecamatan Lawang Wetan). 4(2), 9–28.
Sulaiman, A., Sayyid, U., Rahmatullah, A., Syariah, F., Sayyid, U., & Rahmatullah, A. (2022). Loyalitas Konsumen dan Profitabilitas Pada Rich ’ S Coffe Program Studi Manajemen Bisnis Syariah , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ,. 11(1), 19–29.
Sumarsid. Atik Budi Paryanti, Harga, D., Kepuasan, T., Pada, P., Studi, G. (, Kecamatan, W., Sumarsid, S. ), Atik, D., & Paryanti, B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83.
Velarosdela,R.N.(2021).https://megapolitan.kompas.com/read/2021/01/19/13311801/jakarta-keluar-dari-daftar-kota-termacet-di-dunia-apa-indikator?page=all
Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Managemen, 10(22), 107–114. https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65
Wulandari, D. A., Oktafani, F., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Bisnis, D. (2017). Pengaruh Brand Image terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 11(1), 47–58.
Yulita, H., & Wijaya, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Publik terhadap Kepuasan Konsumen. Management & Accounting Expose, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.131
Yunaida, E. (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Articles in Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.