MOUNT BROMO: BALI BARU PRIMADONA EAST JAVA

Authors

  • Meta Bara Berutu universitas negeri jakarta
  • Vira Deyana Cindy Universitas Negeri Jakarta
  • Kirayna Evitasari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRMSI.014.1.04

Abstract

Tourism merupakan sektor yang sangat menarik diberbagai belahan dunia karena kontribusinya yang luar biasa. Gunung Bromo yang menjadi primadona se Jawa Timur dan tidak pernah sepi pengunjung memiliki suatu hal yang perlu untuk diketahui. Pada penelitian ini menguji perceived value, tourist satisfaction, dan behavioural intention menjadi satu model untuk mengukur seberapa baiknya pariwisata tersebut menyediakan pelayanan terbaiknya. Responden yang digunakan merupakan wisatawan lokal. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perceived value juga tourist satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioural intention pada wisatawan Gunung Bromo. Penelitian ini juga menggunakan alat analisis Smart pls dengan jumlah wisatawan sebanyak 120 responden menggunakan teknik non probability purposive sampling. Penelitian ini menjadi semakin menarik karena terdapat penelitian yang berbeda hasil dari hasil penelitian.

 

Kata kunci: perceived value, tourist satisfaction, behavioural intention, Gunung Bromo

References

Chen, C.-F., & Chen, F.-S. (2010). Experience quality, perceived value, satisfaction and behavioral intentions for heritage tourists. Tourism Management, 31(1), 29–35.
Hair, J. F., Ortinau, D. J., & Harrison, D. E. (2010). Essentials of marketing research (Vol. 2). McGraw-Hill/Irwin New York, NY.
He, Y., & Song, H. (2009). A mediation model of tourists’ repurchase intentions for packaged tour services. Journal of Travel Research, 47(3), 317–331.
Https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180924155205-269-332743/phriindustri-pariwisata-jadi-sektor-idola-indonesia
Kozak, M., & Rimmington, M. (2000). Tourist satisfaction with Mallorca, Spain, as an off-season holiday destination. Journal of Travel Research, 38(3), 260–269.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988, 64(1), 12–40.
Petrick, J. F. (2004). The roles of quality, value, and satisfaction in predicting cruise passengers’ behavioral intentions. Journal of Travel Research, 42(4), 397–407.
Prebensen, N. K., Woo, E., & Uysal, M. S. (2014). Experience value: Antecedents and consequences. Current Issues in Tourism, 17(10), 910–928.
Sinha, I., & DeSarbo, W. S. (1998). An integrated approach toward the spatial modeling of perceived customer value. Journal of Marketing Research, 35(2), 236–249.
Sirgy, M. J. (2010). Toward a quality-of-life theory of leisure travel satisfaction. Journal of Travel Research, 49(2), 246–260.
Trauntvein, N. E., Mowen, A. J., & Graefe, A. R. (2012). Satisfying Park Volunteers: The Relationship Between Volunteer Satisfaction and Management Actions.
Yoon, Y., & Uysal, M. (2005). An examination of the effects of motivation and satisfaction on destination loyalty: a structural model. Tourism Management, 26(1), 45–56.
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Berutu, M. B., Cindy, V. D., & Evitasari, K. (2023). MOUNT BROMO: BALI BARU PRIMADONA EAST JAVA. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 14(01), 30–34. https://doi.org/10.21009/JRMSI.014.1.04