THE ANALYSIS OF SERVICES MARKETING MIX ON STUDENTS' DECISIONS IN CHOOSING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRMSI.015.1.05Keywords:
service marketing, 7P marketing mix, student decision, universityAbstract
In a highly competitive market, companies and service providers, especially those in higher education, may experience frequent shifts in consumer preference. The marketing mix strategy of the 7Ps, which consists of promotion, product, place, price, people, process, and physical evidence, can have a significant impact on a student's decision to choose a university. This study used a descriptive quantitative research method, utilizing a Likert scale survey distributed to 89 respondents. The survey measured variables such as promotion, product, location, price, people, process, and physical evidence. Multiple regression analysis was conducted, and the F-test and t-test were used with a 90% confidence level and a value of ὰ = 0.05. The regression coefficient of determination revealed that the independent variables explained 68.7% of the dependent variable (student decision). The variable of people had the highest value of 0.689 on the standardized coefficient, making it the most influential among the independent variables. The study concluded that the 7P marketing mix variables, particularly promotion, product, location, people, and physical evidence, positively and significantly impact a student's decision to choose Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
References
Budiarto, Rachmawan dkk. 2018. Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Dharma, A.B., & Putri, I.S. 2019. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal Akuntansi ADVANCE, 6 (1), 181 – 192.
Dharmawan, A., & Madiawati, P.N. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Yang Ada Di Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas TELKOM. e-Proceeding of Management TELKOM University, 6 (2), 4023 – 4031.
Febriansah, R.E. 2018. Buku Ajar Manajemen SDM. Sidoarjo : UMSIDA Press.
Febriansah, R.E. 2019. Pengaruh Perencanaan Karir Terhadap Komitmen Karir dan Kepuasan Karir melalui Pengembangan Karir sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Manajemen dan Perbankan, 5 (1), 8 -14.
Febriansah, R.E. & Firdaus, V. 2022. Uji Kepribadian Sebagai Penunjang Keputusan Penerimaan, Penyaringan, serta Penugasan Karyawan pada Universitas Menggunakan Prosedur MBTI. Jurnal Akuntansi Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 10 (2), 160 – 176.
Handoko, Duwi. 2019. Lembaran dan Berita Negara mengenai Pendidikan Tinggi. Pekanbaru : Hawa dan Ahwa
Hermawan, H., Brahmanto, E. & Hamzah, F. 2018. Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan : Nasya Expanding Management (NEM)
Hutabarat, Erlina. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria Fu Pada PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Jurrnal Ilmiah Methonomi, 3 (1), 112 – 121.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2018. Dasar Dasar Pemasaran Edisi 15. Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 16. Erlangga. Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Martana, I.K. & Andriana, D. Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program studi. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika CAKRAWALA, 19 (1), 39 – 46.
Muhyidin, Ujang. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Universitas Stikubank Semarang, 1 (1), 106 – 111.
Pasaribu, Fajar. 2020. Pengaruh Kreativitas Bauran Pemasaran Terhadap Kemajuan Usaha. Jurnal Sosial dan Ekonomi SOSEK, 1 (2), 1153 – 163.
Peter, J.P. & Olson, J.C. 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran Edisi 9. Jakarta : Salemba Empat.
Retnaningtyas, S. & Hasyim, M. 2016. Persepsi Pasien terhadap Bauran Pemasaran Rumah Sakit dan Pilihan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29 (3), 305 – 309.
Samat., Marnisah, L., & Hendro, U. 2019. Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15 (4), 221 – 229.
Santoso, N.E., Dimyati, M., & Suryaningsih, I.B. 2016. Konfirmatori Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi Di Akademi Kebidanan Jember. Jurnal Bisnis dan Manajemen BISMA, 10 (1), 14 – 28.
Sekaran, U. & Roger B. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.
Semaun, Syahriyah. 2019. Determinan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam BALANCA, 1 (1), 110 – 132.
Suciati, P. & Maulidiyanti, M. 2019. Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah Di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1 (2), 11 – 21.
Swastha, Basu. 2019. Manajemen Penjualan. Jogjakarta: BPFE.
Tanti, & Ginting, M. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 9 (2), 169 – 180.
Tirtayasa, S., Lubis, A.P., & Khair, H. 2021. Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produkdan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 5 (1), 67 – 86.
Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Jogjakarta: Andy.
Triyoga, Akde. 2015. Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIKES RS Baptis Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen REVITALISASI, 4 (1), 40 -55.
Untari, S.N., Djaja S., & Widodo, J. 2018. Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11 (2), 82 – 88.
Zulkarnaen, W. & Amin, N.N. 2018. Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laundry Dan Simply Fresh Laundry Di Jalan Cikutra Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 2 (1), 106 – 126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Articles in Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.