ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETITIFITAS PRODUK PERBANKAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.1.04Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Kompetitif, Industri PerbankanAbstract
Analisis lingkungan strategis merupakan bagian dari komponen perencanaan strategis dan merupakan proses untuk selalu menempatkan perusahaan dalam posisi strategis, sehingga dalam perkembangannya akan selalu berada pada posisi yang menguntungkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor eksternal dan faktor internal, sehingga dapat diketahui formulasi strategi yang paling tepat untuk BPR Bhakti Daya Ekonomi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan metode SWOT yang juga menggunakan analisis EFAS dan IFAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi BPR Bhakti Daya Ekonomi untuk produk Kredit Karyawan berada di kuadran IV. Dalam kuadran ini bank berada dalam posisi di mana keunggulan internalnya relatif lebih dominan daripada kelemahannya. Namun, dalam menghadapi lingkungan ancaman relatif lebih besar daripada peluang. Para penulis merekomendasikan bahwa BPR Bhakti Daya Ekonomi harus menerapkan strategi diversifikasi yang terkonsentrasi sementara berfokus pada kredit karyawan tidak hanya melayani pegawai negeri sipil dan TNI / POLRI, tetapi menambahkan produk baru yang merupakan pinjaman karyawan swasta yang secara khusus menargetkan pasar karyawan swasta dengan pendapatan tetap.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Articles in Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.