THE PENGARUH PERSONAL KNOWLEDGE, JOB PROCEDURE DAN TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA PEGAWAI ORGANISASI PUBLIK

Authors

  • Azwar Iskandar BPPK Kemenkeu
  • Achmat Subekan

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.01

Keywords:

Pengetahuan, teknologi, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal knowledge, job procedure  dan technology dalam konteks knowledge management terhadap Performance (Kinerja Pegawai) di lingkungan organisasi publik, secara khusus pada lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan (BPPK) Kementerian Keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di lingkungan BPPK. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik simple random sampling. Dengan menggunakan teknis analisis jalur (path analysis), penelitian menemukan bahwa (1) personal knowledge tidak terbukti secara signifikan memengaruhi performance (kinerja pegawai),  job procedure terbukti secara signifikan memengaruhi performance (kinerja) pegawai, dan technology terbukti secara signifikan memengaruhi performance (kinerja) pegawai; (2) personal knowledge terbukti secara signifikan memengaruhi pemahaman pegawai akan job procedure organisasi; dan (3) personal knowledge dalam pengaruh tidak langsung terbukti secara signifikan memengaruhi performance (kinerja) pegawai yang dimediasi oleh job procedure.

References

Ariola et al. (2006). Principles and Methods of Research.
Bahm, Archie J. (1995). Epistemology; Theory of Knowledge, Albuquerque.
Bernardin, R. A. (1993). Human Resource Management: An Experimental Approach. Singapore: McGraw Hill.
Carrillo, P., Robinson, H., Al-Ghassani, A., Anumba, C. (2004). Knowledge Management in UK Construction: Strategies, Resources and Barriers. Project Management Journal, 35, (1), p. 46.
Choirina, Frisca Devi. (2014). Analisis Pengaruh Praktek Knowledge Management Dalam Memediasi Dukungan Information Technology Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah V Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang
Chong, Alain Y.L., Felix T.S. Chan, K.B. Ooi, J.J. Sim. (2011). Can Malaysian firms improve organizational/innovation performance via SCM?. Journal of Industrial Management & Data Systems, Vol. 111 Issue: 3, pp.410-431
Debowski, Shelda. (2006). Knowledge Management, Melbourne and Sydney: John Wiley and Son Australia, Ltd.
Ghozali, Imam. (2006). Structural Equation Modelling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square, edisi 2. Semarang: BP-UNDIP.
Herusantoso, Khamami, Ilhan Lasahido. (2012). Kajian Penerimaan Teknologi Intranet di Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Kajian Akademis BPPK, Jakarta
Honeycutt, J. (2005). Knowledge Management Strategies; Strategi Manajemen Pengetahuan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 127/KMK.01/2013 Tentang Program Budaya di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Kosasih, N. dan Budiani, S. (2007). Pengaruh Knowledge management Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Kasus Departemen Front Office Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(2) September: 80-88.
Kusnendi. (2008). Model-Model Persamaan Struktural: Satu dan Multigroup Sampel dengan LISREL. Bandung: CV. Alfabeta.
Laudon, Kenneth C. dan Laudon, Jane P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Lumbantobing, Paul. (2016). Knowledge Management: Konsep, Arsitektur dan Implementasi - Edisi Kedua. Bandung: KMSI.
Nawawi, Ismail. (2012). Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Teori dan Aplikasi Dalam Mewujudkan Daya Saing. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Polanyi, Michael. (1966). The Tacit Dimension. Garden City, New York: Doubleday Company Inc. ISBN: 978-0-226-67298-4.
Prihadi Utomo, Yuni. (2007). Eksplorasi Data dan Analisis Regresi dengan SPSS. Surakarta: Muhammadiyah University Pess.
Ra’ed Masa’deh, Rifat Shannak, Mahmoud Maqableh, Ali Tarhini (2017). The Impact Of Knowledge Management on Job Performance in Higher Education: The Case of The University of Jordan. Journal of Enterprise Information Management, Vol. 30 Issue: 2, pp.244-262.
Sekaran, Uma. (2006). Research Methods For Business: Metodologi PenelitianUntuk Bisnis, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
Somad, Rismi. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Hotel Berbintang Empat di Kota Bandung (Survei Terhadap Pegawai Customer Services). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 9 No. 3, Mei 2013, (320-422)
Sulastiyono, A. (2001). Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung: Alfabeta.
Takeuci, Hirotaka (1998), “Beyond Knowledge Management: Lessons from Japan”, WWW Virtual Library on Knowledge Management, June, hal.6 dan lihat juga Sveiby, Karl Erik (1996), The New Organizational Wealth: Managing and Measuring Knowledge-Based Assets, San Fransisco: Berret-Koehler Publishers, Inc, hal.46-49.
Tiwana A. 2000. The Knowledge Management Toolkit. Prentice Hall PTR Upper Saddle River, NJ 07458 McGraw Hill.

Downloads

Published

2018-09-26

How to Cite

Iskandar, A., & Subekan, A. (2018). THE PENGARUH PERSONAL KNOWLEDGE, JOB PROCEDURE DAN TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA PEGAWAI ORGANISASI PUBLIK. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 168–192. https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.01