ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN
Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.
Keywords:
kualitas sistem, kualitas informasi, asuransi, kepuasan pengguna, SmartPLSAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur nilai kepuasan pengguna dalam variabel Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Perceived Usefulness, terhadap Kepuasan Pengguna sistem aplikasi CARE dan dampaknya terhadap kinerja karyawan PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk. Penelitian ini mengadopsi model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean yang dikombinasikan dengan model kesuksesan sistem informasi Seddon. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Responden dipilih menggunakan metode Convenience Sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode SEM yang dioperasikan melalui software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi dan perceived usefulness berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna berpengaruh terhadap kinerja individu.
References
Amalia, S. M., & Pratomo, D. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung). In e-Proceeding of Management (Vol. 3, hal. 1516–1522).
Antasari, K. C., & Yaniartha, D. ’yan. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 102, 2302–8556.
Budiartha, I Ketut, N. M. S. R. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 1, 115–142.
Davis, F. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.1016/S0305-0483(98)00028-0
Delone, W. ., & Mclean, E. r. (2003). the Delone and Mclean model of information sys- tems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95. https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60
Fendini, D. S., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna (Survei Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN (Persero) Area Malang). Jurnal Penelitian Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, 1–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ghozali, I. (2006). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, D. B., & Marlina, M. R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitaslayanan, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepuasan Pengguna Fasilitas E-Filing. Media Informatika, 16(1), 20–31.
Hall, J. A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Hanadia, N., Rahayu, S., & Zultilisna, D. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Perceived Usefulness dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Terhadap Sistem Dashboard PDAM Tirta Raharja 2017). In e-Proceeding of Management (Vol. 4, hal. 2707–2714).
Kartika, N. D., Anton, & Adnanti, W. A. (2016). Analisis Kualitas Sistem Informasi , Perceived Usefulness dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan End User Software Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1–21.
Machmud, R. (2013). Peranan penerapan sistem informasi manajemen terhadap efektivitas kerja pagawai lembaga pemasyarakatan narkotika (lapastika) bollangi kabupaten gowa. Jurnal capacity STIE AMKOP Makassar, 9(3), 409–421.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
McGill, T., Hobbs, V., & Klobas, J. (2003). User-developed applications and information systems success: A Test of DeLone and McLean’s model. Information Resources Management Journal, 16(1), 24–45. https://doi.org/10.4018/irmj.2003010103
Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intention to Buy Online patisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26–31. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.26-31
Oktal, O., Alpu, O., & Yazici, B. (2016). Measurement of Internal User Satisfaction and Acceptance of the E-Justice System in Turkey. Aslib Journal of Information Management, 68(6), 1–14. https://doi.org/10.1108/S1871-3173(2013)0000007004
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Statistik Perasuransian Indonesia 2016 - Revised Version. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
Popoola, B. A., Chinomona, R., & Chinomona, E. (2014). The Influence of Information Quality, System Quality and Service Quality on Student’s Self-Efficacy at Institutions of Higher Learning in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 974–984. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27p974
Prandhana, A. R., Nurhayati, N., & Haumatusadiah, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna (Survey Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Sia Pada Bank Umum Syariah Di Kota Bandung). In Prosiding Akuntansi (Vol. 2, hal. 926–933). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Raminda, A. N. A., & Ardini, L. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kepuasan Pengguna ACCURATE terhadap Kinerja Individu. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9), 1–15.
Seddon, P. B. (1997). A Respecification and Extension of the DeLone and McLean Model of IS Success. Information Systems Research. https://doi.org/10.1287/isre.8.3.240
Seddon, P. B., & Kiew, M.-Y. (1996). A Partial Test and Development of DeLone and McLean’s Model of IS Success. Australian Journal of Information Systems, 4(1), 90–109. https://doi.org/10.3127/ajis.v4i1.379
Sekaran, U. (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.
Setyo, D., & Rahmawati, D. A. (2015). Pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem informasi terhadap kepuasan serta kinerja pengguna sistem informasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(1), 47–59. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Singarimbun, M., & Effendi, S. (1995). Metode Penelitian Survei (Edisi Revi). Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.
Suarta, I. M., & Sudiadnyani, I. O. (2015). Penentu Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. In Prosiding Simposium Nasional Akuntansi Vokasi ke-4 (hal. 28–30).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sultono, Seminar, K. B., & Erizal. (2015). Analysis On Academic Information System Quality Toward User Satisfaction. International Journal of Administrative Science & Organization, 22(2), 122–129.
Tam, C., & Oliveira, T. (2017). Understanding mobile banking individual performance : the DeLone & McLean model and the moderating effects of individual culture. Internet Research, 27(3), 538–562. https://doi.org/10.1108/IntR-05-2016-0117
Tumarni. (2015). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Penggunaan Nyata erhadap Kepuasan Pemakai Laporan keuangan (Studi Pada Satuan kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi). Journal of Chemical Information and Modeling, 53, 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Udiono, T. (2013). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Penjadwalan Kuliah Biro Adminstrasi Umum dan Keuangan Universitas XYZ. ComTech, 4(1), 91–97.
Ulum, M., Tirta, I. M., & Anggraeni, D. (2014). Structural Equation Modeling Analysis For Small Samples With Partial Least Square Approach [Analisis Structural Equation Modeling Untuk Sampel Kecil Dengan Pendekatan Partial Least Square]. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember (hal. 1–15).
Utomo, L. T., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2017). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akademik universitas merdeka malang. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 3(2), 150–160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Articles in Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.