Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Siswa Kelas IX di SMPN 220 Jakarta

Authors

  • Neni Prihartini Universitas Negeri Jakarta
  • Puspita Sari
  • Ibnu Hadi

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.041.01

Keywords:

konsep, peluang, pmri

Abstract

Peluang adalah salah satu materi yang dipelajari dikelas IX. Berdasarkan hasil tes pendahuluan, siswa masih mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang suatu konsep peluang, mengalami kekeliruan dalam menentukkan contoh dan bukan contoh peluang, hubungan antara peluang teoritik dan peluang empirik, dan juga siswa masih mengalami kesulitan dalam mengeksplorasi pemahamannya tentang peluang empirik. Hal tersebut, mungkin dapat disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan siswa kurang bermakna. Oleh karena itu, hal ini mendukung pelaksanaan penelitian bagaimana mengembangkan pembelajaran konsep peluang di kelas IX dengan pendekatan PMRI di SMPN 220 Jakarta.  Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase yaitu, fase persiapan dan desain, fase pelaksanaan, dan fase analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas IX SMP Negeri 220 Jakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain dokumentasi berupa rekaman suara dan foto, lembar wawancara, lembar aktivitas siswa, lembar catatan lapangan, dan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB). Berdasarkan hasil analisis retrospektif, menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat mengembangkan pembelajaran konsep peluang pada siswa. Siswa dapat memahami hubungan antara peluang teoretik dan peluang empirik, siswa dapat membandingkan nilai peluang pada suatu kejadian, dan siswa dapat memahami frekuensi harapan pada peluang empirik.  Melalui karakteristik PMRI, dapat membantu siswa dalam berpikir melalui konteks, menggunakan model, menggunakan hasil konstruksi siswa, melalui interaktivitasa, dan keterkaitan dengan materi lainnya.

 

Downloads

Published

2020-03-18