Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Materi SPLDV di Kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan

Authors

  • Lukman El Hakim Universitas Negeri Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.041.05

Keywords:

model pembelajaran Treffinger, penalaran matematis, SPLDV

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Treffinger di kelas VIII-1      SMPN 3 Tangerang Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang terdiri atas 38 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Fokus pengamatan pada dua siswa masing-masing pada kelompok atas, sedang, dan rendah pada materi pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Untuk memeroleh data kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil perolehan nilai untuk setiap subjek penelitian pada siklus I, yaitu SP1 mendapatkan nilai 62,5, SP2 mendapatkan 70,8, SP3 mendapatkan 45,8, SP4 mendapatkan 58,3, SP5 mendapatkan 37,5, dan SP6 mendapatkan 37,5. Pada siklus II nilai tiap SP meningkat, SP1 mendapatkan nilai 75, SP2 mendapatkan 75, SP3 mendapatkan 79,2, SP4 mendapatkan 62,5, SP5 mendapatkan 62,5, dan SP6 mendapatkan 50. Pada siklus III nilai tiap SP juga meningkat, SP1 mendapatkan nilai 79,2, SP2 mendapatkan 79,2, SP3 mendapatkan 83,3, SP4 mendapatkan 75, SP5 mendapatkan 75, dan SP6 mendapatkan 70,8. Ketuntasan klasikal subjek penelitian untuk kemampuan penalaran matematis dalam kategori baik pada  siklus III telah mencapai 83,33%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Downloads

Published

2020-03-18