Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear

Authors

  • Azka M Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Nurhaida
  • Nurul Ikhsan Karimah

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.041.02

Keywords:

representasi, soal cerita, program linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan program linear. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah karena kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sampelnya adalah siswa MAN 1 Kabupaten Cirebon kelas XI IIS 1 sebanyak 34 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan represenasi matematis sebanyak 2 butir soal uraian yang disesuaikan dengan indikator. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan representasi visual siswa berupa tabel pada materi program linear termasuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 84,37% dan rata-rata skor 25,31; (2) kemampuan representasi persamaan matematis siswa berupa model matematika pada materi program linear termasuk dalam kriteria sedang dengan persentase 65,9% dan rata-rata skor 13,18; (3) kemampuan representasi kata-kata siswa berupa langkah-langkah penyelesaian masalah termasuk dalam kriteria rendah dengan persentase 47,44% dan rata-rata skor 23,72; dan (4) kemampuan representasi matematis siswa secara keseluruhan pada materi program linear termasuk dalam kriteria sedang dengan persentase 64,08 dan rata-rata skor 64,08.

Downloads

Published

2020-03-18