Pengaruh Model Pembelajaran M-APOS Berbantuan Portal Rumah Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMKN 26 Jakarta

Authors

  • Rizka A Universitas Negeri Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno
  • Aris Hadiyan Wijaksana

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.041.03

Keywords:

model pembelajaran M-APOS, portal rumah belajar, kemampuan pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran M-APOS berbantuan Portal Rumah Belajar dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMKN 26 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode quasi experiment. Desain yang digunakan adalah Posttest-only Control Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 26 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Kelas X TMPO 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TMPO 1 sebagai kelas kontrol. berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji t’ diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran M-APOS berbantuan Portal Rumah Belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMKN 26 Jakarta.

Downloads

Published

2020-03-18