Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 12 Jakarta

Authors

  • Rosselyne UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Ellis Salsabila
  • Dwi Antari Wijayanti

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.041.08

Keywords:

model pembelajaran creative problem solving, teknik scaffolding, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 12 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Uji hipotesis menggunakan uji-t untuk dua sampel independen dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh  thitung = 2,038 dan  ttabel = 1,670 sehingga thitung > ttabel  maka

Downloads

Published

2020-03-31