Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 182 Jakarta pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think-Talk-Write (TTW)
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.042.10Keywords:
think talk write (TTW), kemampuan komunikasi matematisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa, Mengingat kemampuan ini memiliki kedudukan yang penting sebagai penunjang proses pembelajaran maka model pembelajaran TTW dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, Terdapat enam subjek penelitian dengan metode pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, tes pada setiap akhir siklus, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan pada penelitian ini. Nilai rata rata kelas VIII-4 pada tes awal sebesar 58,87, meningkat pada siklus I menjadi 70,15 dan pada siklus II meningkat sebesar 81,91 hingga pada siklus III mencapai 86,32. Jumlah siswa yang telah mencapai kriteria baik pada siklus I sebesar 56% , pada siklus II sebesar 85%, dan pada siklus III meningkat sebesar 88% dari keseluruhan siswa kelas VIII-4.