Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Gunungputri

Authors

  • Ajeng Koeshella Universitas Negeri Jakarta
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Vera Maya Santi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.082.09

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Koneksi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 3 Gunungputri. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Random Sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut telah memenuhi syarat normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen berbentuk soal uraian sebanyak empat butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 2,225 dan nilai t tabel = 1,993  sehingga dapat disimpulkan bahwa . Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 3 Gunungputri. Berdasarkan  perhitungan besar pengaruh diperoleh  dengan persentase sebesar 69% yang termasuk kategori medium.

Downloads

Published

2024-10-21