The Effect Of Guided Discovery Learning Model Assisted By Structured LKPD On Students' To Understand Mathematical Concepts Understanding Ability At SMA Negeri 30 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.082.07Keywords:
model pembelajaran guided discovery learning, LKPD terstruktur, kemampuan pemahaman konsep matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan Quasi-Experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Two Stage Sampling. Tahap pertama dilakukan dengan Purposive Sampling. Tahap kedua dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X-3 dan X-2 di SMA Negeri 30 Jakarta. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 5 soal uraian pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakaan uji-t dengan taraf signifikansi , didapat bahwa nilai dan sehingga , maka tolak yang berarti rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur lebih tinggi dibanding siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kemudian diperoleh nilai Cohen’s effect size sebesar 0,668 yang termasuk pada kategori sedang dengan presentase 73%. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 30 Jakarta.
Kata kunci: model pembelajaran guided discovery learning, LKPD terstruktur, kemampuan pemahaman konsep matematis