Kajian Etnomatematika pada Situs Purbakala Cipari
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.082.02Keywords:
aktivitas fundamental matematis, etnomatematika, situs purbakala cipariAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur etnomatematika yang ada pada Situs Purbakala Cipari sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran matematika untuk menarik minat siswa dalam belajar, sehingga selain mendapatkan pembelajaran matematika juga mendapatkan wawasan mengenai budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang pada penelitian ini adalah beberapa orang yang terkait dengan Situs Purbakala Cipari dan untuk objek penelitian pada penelitian ini adalah objek-objek yang ada pada Situs Purbakala Cipari yang merupakan peninggalan sejarah ataupun objek lainnya yang berkaitan dengan Situs Purbakala Cipari. Instrumen peneitian yang digunakan yait panduan observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Situs Purbakala Cipari terdapat aktivitas fundamental matematis menurut Bishop terkecuali pada aspek bermain (playing) dan menghitung (counting). Aspek-aspek ersebut diantaranya yaitu 1) locating meliputi penentuan arah mata angin pada peti kubur batu dan penempatan batu menhir; 2) measuring meliputi pola-pola tertentu dan luas ukuran pada artefak peninggalan di situs Purbakala Cipari; 3) designing meliputi pembentukan kapak batu dan motif-motif yang ada pada artefak peninggalan; 4) explaining meliputi arti-arti dan maksud tertentu yang ada pada artefak peninggalan yang ada di Situs Purbakala Cipari.