Tafsir Ayat-Ayat Teologis dalam al-Muharrar al-Wajiz: Studi Kritis Atas Tuduhan I’tizal terhadap Ibnu Athiyyah

  • Subi Nur Isnaini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Ibn Athiyyah, al-Muharrar al-Wajiz, Muktazilah, theology, i’tizal

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang sikap Ibnu Athiyyah terhadap konsep teologi Muktazilah dalam tafsirnya al-Muharrar al-Wajiz. Meskipun Ibn Athiyyah merupakan mufassir yang bermadzhab Asy’ariyah, namun beberapa ulama seperti Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Ahmad bin Hajar al-Haitami (w. 973 H) dan Ibnu ‘Arafah (w. 803 H) melontarkan pernyataan bahwa dalam tafsir Ibnu Athiyyah terdapat pemahaman Muktazilah. Bahkan, al-Haitami juga menukil komentar Ibnu ‘Arafah bahwa tafsir Ibn Athiyyah lebih mengkhawatirkan bagi pelajar pemula daripada al-Kasysyaf, karena al-Zamakhsyari penulis al-Kasysyaf sudah dikenal sebagai seorang yang bermadzhab Muktazilah, berbeda dengan Ibn Athiyyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Dengan menggunakan metode deskriptif analisis, tulisan ini mengeksplorasi penafsiran Ibnu Athiyyah terhadap ayat-ayat yang menjadi dalil atas konsep teologi Muktazilah atau yang sering disebut dengan al-Ushul al-Khamsah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuduhan i’tizal yang ditujukan pada Ibnu Athiyyah tidaklah benar, karena dalam penjelasan tafsirnya atas ayat-ayat teologis didapati bahwa Ibnu Athiyyah selalu menguatkan dan membenarkan pendapat Asy’ariyyah. Bahkan, dalam beberapa kesempatan Ibnu Athiyyah menyanggah pendapat-pendapat serta dalil-dalil yang digunakan Muktazilah untuk menguatkan konsep teologis mereka.

Referensi

Al-‘Akk, K. (1986). Ushul al-Tafsir wa Qawa’iduh. Dar al-Nafais.

Al-Abar, I. (1989). Al-Mu’jam fi Ashhab al-Qadhi al-Shadafi. Dar al-Kitab al-Mishri.

Al-Andalusi, A. H. (1983). Al-Bahr al-Muhith. Dar al-Fikr.

AL-Bukhari, M. bin I. (n.d.). Shahih al-Bukhari. Dar Thauq al-Najat.

Al-Dhabbi, I. U. (1914). Bughyah al-Multamis. Mathba’ah Raukhas.

Al-Dzahabi, M. al-S. H. (2000). Al-Tafsir wa Al-Mufassirun. Maktabah Wahbah.

Al-Dzahabi, M. al-S. H. (2006). Siyar A’lam al-Nubala`. Dar al-Hadis.

Al-Khathib, I. (n.d.). Al-Ihathah fi Akhbar al-Gharnathah. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Nabbahi, A. bin A. (1984). Tarikh Qudhat Andalus. Dar al-Kitab al-Mishri.

Al-Timisani, A. bin M. al-M. (n.d.). Nafkh al-Thayyib min Ghushni al-Andalus al-Rathib. Dar Shadir.

Al-Yahshabi, I. bin M. (1982). al-Ghunyah Fahrasat Syuyukh al-Qadhi Iyadh. Dar al-Gharb al-Islami.

Athiyyah, I. (1983). Fahrasat Ibn Athiyyah. Dar al-Gharb al-Islami.

Athiyyah, I. (2001). Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Basykuwal, I. (1995). Al-Shilah. Maktabah al-Khanji.

Faudah, M. B. (1987). Tafsir-tafsir al-Qur’an Perkenalan dengan Metodologi Tafsir. Pustaka.

HAitami, A. bin H. (n.d.). Al-Fatawa al-Haditsiyyah. Mathba’ah al-Taqaddum.

Izutsu, T. (2003). Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Semantik terhadap al-Qur’an. Tiara Wacana Karya.

Karim, A. (2013). Rasionalitas Penafsiran Ibnu ‘Athi. 12(1), 32.

Khalifah, H. (n.d.). Kasyf al-Zhunun. Muassasah al-Tarikh al-‘Arabi.

Rochmad. (2017). Ibnu Athiyyah wa at-Tarjih fi al-Muharrar al-Wajiz. Studia Qur’anika, 1(2).

Subhan, M. (2014). Tafsir Ideologis dalam Khazanah Intelektual Islam. Jurnal Mutawatir, 4(1).

Taimiyyah, I. (n.d.). Muqaddimah fi Ushul al-Tafsir. Mathba’ah al-Taraqqi.

Zakiyah, E. (2013). Aspek Paham Muktazilah dalam Tafsir al-Kasysyaf tentang Ayat-ayat Teologi (Studi Pemikiran al-Zamakhsyary). In 1 (Tesis). Pascasarjana IAIN Sunan Ampel.

Diterbitkan
2021-07-30