Model Penafsiran Kontemporer: Kajian Epistemologis terhadap al-Tafsîr al-Wasîț li-al-Qur’ân al-Karîm

Authors

  • Sufyan Muttaqin Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau, Indonesia
  • Cecep Alba Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Sansan Ziaul Haq Institut Teknologi Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/20.2.03

Keywords:

Contemporary Tafsir, Tafsir Epistemology, al-Tafsir al-Wasit

Abstract

 

 Tafsir di era kontemporer dituntut untuk mampu menyajikan petunjuk-petunjuk al-Qur’an secara dinamis dalam rangka menjawab tantangan zaman. Demi memenuhi kebutuhan itu, tak sedikit mufassir masa kini yang berupaya menyusun tafsir-tafsirnya dengan gaya, pendekatan, dan metode yang berbeda dengan tafsir-tafsir klasik. Al-Tafsi>r al-Wasi>t} li-al-Qur’a>n al-Kari>m karya Muh}ammad Sayyid T{ant}a>wi> adalah salah satu karya tafsir yang ditulis untuk memenuhi kebutuhan 

itu. Tulisan ini tidak sependapat dengan pandangan yang menilai tafsir kontemporer sebagai genre tafsir yang memiliki distinggsi epistemologis tersendiri, namun mendukung pendapat yang memahami tafsir kontemporer secara terbuka sebagai karya-karya tafsir yang ditulis di masa kini dengan beragam genre-nya. Menggunakan metode kualitatif dan pendekatan interpretatif, tulisan ini menunjukkan bahwa al-Tafsi>r al-Wasi>t} adalah salah satu tafsir kontemporer yang ditulis untuk merespon berbagai persoalan kehidupan saat ini. Epistemologi tafsir ini berpatok pada tiga prinsip utama, yaitu penyajian produk tafsir secara praktis; integrasi antara riwayat dan nalar; dan orientasi pada pemecahan permasalahan kontemporer. Meski bertumpu pada metodologi tafsir tradisional, tafsir ini relatif mampu menghadirkan penafsiran yang fleksibel terkait isu-isu kontemporer tertentu, tanpa menegasikan kaidah-kaidah yang disepakati bersama (al-qat}‘iyya>t). 

References

Abdul-Raof, Hussein. Schools of Qur’anic Exegesis: Genesis and Development. New York: Routledge, 2010.

Alla>h, Ah}mad Naji>b bin ‘Abd. “Al-Duktu>r Muh}ammad Sayyid T{ant}a>wi> wa-Tarji>h}a>tuh fi-al-Tafsi>r al-Wasi>t} li-al-Qur’a>n al-Kari>m.” วารสาร AL-NUR บัณฑิตวิทยาลัย 6, no. 10 (January-June 2010): 1-13.

Baljon, J.M.S. Modern Muslim Koran Interpretation. Leiden: EJ. Brill, 1968.

Campanini, Massimo. The Qur’an: Modern Muslim Interpretations. New York: Routledge, 2011.

Dawu>d, Abu>. Sunan Abi> Dawu>d. Beirut: Da>r al-Risa>lah al-‘A

Dhahabi>, Muh}ammad H{usayn al-. Al-Tafsi>r wa-al-Mufassiru>n. Kairo: Maktabah Wahbah, 2001.

Esack, Farid. Qur’a>n: Liberation and Pluralism. Oxford: Oneworld, 1997.

Fithrotin. “Metodologi Tafsir al-Wasit Sebuah Karya Besar Grand Syeikh Muhammad Sayyid Tantawi,” Al Furqon: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir 1, no.1 (Juni 2018): 41-55.

Fudge, Bruce. “Qur’a>nic Exegesis in Medieval Islam and Modern Orientalism,” Die Welt des Islams, New Series 46, no. 2 (2006): 115-147, http://www.jstor.org/stable/20140723.

Grüll, Christoph & Erin K. Wilson. “Universal or Particular … or Both? The Right to Freedom of Religion or Belief in Cross-Cultural Perspective,” The Review of Faith & International Affairs 16, no. 4 (2018): 88-101, https://doi.org/10.1080/15570274.2018.1535046.

Gusmian, Islah. “Epistemologi Tafsir Al-Qur’an Kontemporer,” Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat 12, no. 2 (Juli-Desember 2015): 21-32. DOI: 10.22515/ajpif.v12i2.1173.

H{assan, Tamma>m. “Z}ila>l al-Ma‘a>ni> fi>-al-Qur’a>n al-Kari>m,” Journal of Qur’anic Studies, Vol. 7, No. 1 (2005): 138-127.

Haq, Sansan Ziaul & Asep Salahudin. “Moderasi ‘di atas’ Tekstualisme-Kontekstualisme: Metodologi Pemahaman Sunnah Yusuf al-Qaradhawi,” Al Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis 6, no. 3 (2022): 965-986, DOI: http://dx.doi.org/10.29240/alquds.v6i3.4057.

Haq, Sansan Ziaul, Irham, & Yudril Basith. “Between Ushlub Tahlili and Maudhu‘i: Which One Is More Relevant to Nowadays?, Takwil: Journal of Qur’an and Hadith Studies 1, no. 2 (2022): 81-102. DOI: https://doi.org/10.32939/twl.v1i2.1699.

Hendri, Ali. “Poligami Perspektif Kitab al-Tafsi>r al-Wasi>t} li-al-Qur’a>n al-Kari>m,” al-Bayan: Jurnal Studi al-Qur’an dan Tafsir 3, no. 1 (Juni 2018): 51-61.

----------. “Konstruksi Perempuan dalam keluarga Perpektif Kitab al-Tafsi>r al-Wasi>t} li-al-Qur’a>n al-Kari>m,” ‘Anil Islam 12, no. 2 (Desember 2019): 264-292.

Hosseinpour, Parivash, Saeed Abbasinia, & Sayyed Hesamodin Hosseini, “Coordinates of Contemporary Exegesis in Contemporary Sequential Exegesis,” Quranic Doctrines: the Scientific Research Journla of Razafi University of Islamic Sciences 18, no. 33 (April 2021): 283-308. DOI: 10.30513/QD.2021.1253.

‘Itr, Nu>r al-Di>n. ‘Ulu>m al-Qur’a>n al-Kari>m. Damaskus: Mat}ba’ah al-S}aba>h}, 1996.

Kathi>r, Ibn. Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m. Riyad: Da>r Ibn al-Jawzi>, 1431 H.

Kari>m, Li>nah‘Abd al-. “Manhaj Sayyid T{ant}a>wi> fi-Tana>wul al-Wih}dah al-Mawd}u>‘iyyah fi-al-Su>rah al-Qur’a>niyyah min Khila>l al-Tafsi>r al-Wasi>t}.” al-Majallah al-Urdu>niyyah fi-al-Dira>sa>t al-Isla>miyyah 11, no. 2 (1436 H./2015 M.): 319-341.

Kusmana. “Some Implications of Hermeneutical Readings for the Study of the Qur’a>n,” Journal of Qur’a>n and H{adi>th Studies 2, no.2 (January-June 2013): 267-288.

Longman. Handy Learner’s Dictionary of American English. Edinburgh: Pearson Education Limited, 2001.

Masomi, Mohammad Shahir. “Manhaj al-Shaikh Muh}ammad Sayyid T{ant}a>wi> fi>-Tafsi>r At al-Ah}ka>m fi>-Kita>bih al-Tafsi>r al-Wasi>t} li-al-Qur’a>n al-Kari>m,” al-Risalah Journal 6, no. 1 (2022): 160-183. DOI: https://doi.org/10.31436/alrisalah.v6i1.380.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2012.

Mutamam, Hadi. “Kontribusi dan Kritik Tafsir Kontemporer,” AL-FIKR 17, no. 1 (2013): 152-166.

Pink, Johanna. “Modern and Contemporery Interpretation of the Qur’a>n,” in The Wiley Blackwell Companion to the Qur’a>n, ed. Andrew Rippin and Jawid Mojaddedi, 2th ed. Oxford: Jhon Wiley and Sons Ltd, 2017.

Qarad}a>wi>, Yu>suf al-. Kayfa Nata‘a>mal ma‘-al-Qur’a>n al-‘Az}i>m. Kairo: Da>r al-Shuru>q, 2011.

Ru>mi>, Fahd bin ‘Abd al-Rah}ma>n al-.’Us}u>l al-Tafsi>r wa-Mana>hijuh. Riyad: Maktabat al-Tawbah, 1419 H.

Saeed, Abdullah. The Qur’an: an Introduction. New York: Routledge, 2008.

----------.“Some Reflections on the Contextualist Approach to Ethico-Legal Texts of the Quran,” Bulletin of the School of Oriental and African Studies, University of London, Vol. 71, No. 2 (2008).

----------. Interpreting The Qur’a>n Toward a Contemporary Approcah. London: Routledge, 2006.

Sanad, Muh}ammad Zakiyy al-Di>n. Tanwi>r al-Adhha>n fi-al-Radd ‘ala>-Mudda‘i> Tah}ri>f al-Qur’a>n. Kairo: Da>r Jarsh, 2010.

Shihab, Quraish. Kaidah Tafsir. Ciputat: Lentera Hati, 2013.

----------. “Tafsir, Ta’wil, dan Hermeneutika: Suatu Paradigma Baru dalam Pemahaman Al-Qur’an,” S{uh}uf 2, no. 1 (2009): 1-10.

Shuhbah, Muh}ammad Abu>. Al-Israi>liyya>t fi>-al-Tafsi>r. Kairo: Maktabat al-Sunnah, 2005.

Sudianto, Ahmad. “Contemporary Methods of Interpretation,” LITERATUS: Literature for Social Impact and Cultural Studies 4, no. 1 (April 2022): 251-256.

T}ant}a>wi, Muh}ammad Sayyid. Al-Tafsi>r al-Wasi>t}. Kairo: Da>r al-Sa‘a>dah, t.t.

----------. Ulumul Qur’an; Teori dan Metodologi, terj. Ahmad Saifudin. Yogyakarta: IRCiSoD, 2013.

Umar, Nasarudin. Deradikalisasi Pemahaman al-Qur’an dan al-Hadis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014.

Zarqa>ni>, Muh}ammad ‘Abd al-‘Az}i>m al-. Mana>hil al-‘Irfa>n fi>-‘Ulu>m al-Qur’a>n. Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi>, 1995.

Zayd, Nas}r H}a>mid Abu>. Mafhu>m al-Nas}s}: Dira>sah fi>-‘Ulu>m al-Qur’a>n. Kairo: Hay’ah al-Mas}riyyah al-‘Ab, 1993.

Zuh}ayli>, Muh}ammad Mus}tafa> al-. Al-Waji>z fi>-Us}u>l al-Fiqh al-Isla>mi>. Damaskus: Da>r al-Khayr, 2006.

Zulaiha, Eni. “Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma dan Standar Validitasnya,” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 2, no. 1 (Juni 2017): 81-94. DOI: 10.15575/jw.v2i1.780.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Muttaqin, Sufyan, Cecep Alba, and Sansan Ziaul Haq. “Model Penafsiran Kontemporer: Kajian Epistemologis Terhadap Al-Tafsîr Al-Wasîț Li-Al-Qur’ân Al-Karîm”. Jurnal Studi Al-Qur’an 20, no. 2 (July 23, 2024): 137–164. Accessed November 20, 2024. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/43852.